Rawan Tsunami di Selatan Jawa

Penulis: Caksono / Indriyani Astuti Pada: Kamis, 11 Jul 2019, 02:02 WIB Infografis
Rawan Tsunami di Selatan Jawa

caksono
infografis

Riset yang dilakukan oleh beberapa ahli Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memetakan daerah selatan Pulau Jawa masuk dalam kawasan rawan tsunami.
Temuan itu menunjukan adanya potensi gempa besar dan tsunami di sepanjang wilayah tersebut.

Baca Juga: Selatan Pulau Jawa Rawan Tsunami

"Sepanjang Selatan Jawa mempunyai risiko tsunami tinggi," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono  dalam acara temu media terkait Desa Tangguh Bencana di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (10/7).

Temuan tersebut, ucap Rahmat, menjadi dasar pentingnya penguatan kesiapsiagaan masyarakat di selatan Pulau Jawa. Ia membandingkan daerah di selatan pulau Jawa dengan Sumatra Barat yang dianggap lebih siap dalam menanggulangi ancaman tsunami yang diprediksi berasal dari gempa besar segmen megathrust Mentawai. Hal itu pun sempat diungkapkan oleh peneliti LIPI Danny Hilman Natawidjaja, beberapa waktu lalu.

"Sumatra justru lebih siap dengan adanya tsunami Aceh bahwa ada Megathrust Mentawai. Sudah siap sarana dan prasarana seperti shelter-shelter tsunami di Sumbar dan edukasi masyarakat," ucap Rahmat.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More