Menguji Manuver Mobilio RS CVT

Penulis: . (Pay/S-5) Pada: Kamis, 11 Jul 2019, 09:20 WIB Otomotif
 Menguji Manuver Mobilio RS CVT

ist
Menguji Manuver Mobilio RS CVT

MENJAJAL Honda Mobilio RS CVT akan memberikan kesan tersendiri bagi mereka yang senang bepergian dalam kota ataupun luar kota. Kesan pertama saat mengendarai mobil berkapasitas 1.500 CC ini terlihat pada tampilannya yang begitu mewah dan elegan di kelasnya.

Selain desain interior yang modern, fitur pada dashbord juga inovatif dengan desain baru berupa aksen garis berwarna oranye. Dashboard baru ini dilengkapi sistem pengaturan terintegrasi menggunakan layar sentuh 8 inci. Pada bagian ini, terdapat pusat fungsi pengaturan AM/FM Radio, sistem audio, dan sistem pengaturan AC.

Dari sisi pengemudi, dilengkapi meter cluster yang memiliki tampilan MID berlogo RS yang informatif. Terdapat pula fitur audio steering switch yang memberi kontrol sistem hiburan lebih mudah bagi pengemudi.

Begitu pula pada kelegaan kabin dengan kekedapannya, mobil ini membuat putaran mesin dan gesekan laju roda di aspal serta hiruk pikuk lalu lintas agak senyap. Dengan begitu, kenyamanan penumpang di dalam mobil ini tidak terganggu layaknya pada mobil kelas premium.

Kenyamanan lain juga ada pada desain kursi penumpang yang ergonomis serta penggunaan material bahan dengan kualitas baik dengan tampilan elegan dan sporty serta jahitan benang berwarna kontras.

Untuk kursi penumpang pada baris kedua dan ketiga, dimudahkan dengan mekanisme lipat bangku yang praktis melalui fitur one touch tumble 2nd row seat. Pada kursi baris kedua dilengkapi pula dengan fitur sliding.

Ruang bagasi pada mobil juga fleksibel. Dalam kondisi kursi belakang terpasang, ruang penyimpanan masih memadai.

Fitur VSA

Akselerasi dan kecepatan pada kendaraan jenis low MPV ini berbanding lurus dengan konstruksi kaki-kaki yang memiliki wheel track nyaman di kelas sejenisnya. Ini dibuktikan saat melaju dengan kecepatan tinggi pada jalur speed trap Tol Cikampek hingga Tol Cipali dengan kondisi arus lalu lintas ramai lancar, sama sekali tidak terasa gejala limbung meski mobil ini sedang menyalip dan banting setir.

Kestabilan kendaraan juga teruji saat digeber kecepatan di atas 120 km/jam. Mungkin karena mesin mobil ini bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 118 Ps (116.3 hp) pada putaran mesin 6600 rpm dan menghasilkan torsi l mencapai 145 nm pada putaran mesin 4600 rpm. Mobil ini juga menggunakan mesin L15 i-VTEC. I-VTEC, yaitu teknologi pengaturan katup variabel yang dikontrol elektronik sesuai load mesin.

Yang teristimewa di kelas ini ialah fitur kontrol kestabilan atau disebut vehicle stability assist (VSA). Fitur itu akan menyelamatkan Anda pada kondisi bermanuver ekstrem, yakni salah satu roda atau bahkan semua roda kehilangan cengkeramannya dan mobil meluncur tak terkendali.

Fitur VSA ini akan melakukan intervensi tenaga mesin dan mengambil alih rem untuk membuat mobil tetap undercontrol. Dengan fitur itu, boleh dibilang sopir cadangan hadir saat mengemudi dalam kondisi yang tidak diinginkan. (Pay/S-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More