Kamis 11 Juli 2019, 08:50 WIB

Mulai Tahun Ajaran Baru Bobot Pelajaran PPKn Ditambah

mediaindonesia | Humaniora
 Mulai Tahun Ajaran Baru Bobot Pelajaran PPKn Ditambah

(Antara /Indriani)
Mendikbud Muhadjir Effendy merilis program penanaman nilai Pancasila sebagai wahana pembangunan watak bangsa di Jakarta, Rabu.

 

MULAI tahun ajaran baru 2019/2020, bobot mata pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) akan ditambah, dengan menitikberatkan nilai-nilai pembentuk karakter. Dalam hal ini, Kemendikbud bekerja sama dengan Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

"Siap diajarkan untuk ajaran tahun baru tahun ini," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, saat meluncurkan program Penanaman Nilai Pancasila sebagai wahana pembangunan watak bangsa, di Jakarta, kemarin.

Langkah itu sekaligus merespons permintaan Presiden Joko Widodo yang didukung hasil kajian Balitbang Kemendikbud. Dalam kajian itu, para guru pengajar PPKn (sebelumnya PMP), ternyata lebih fokus mengajarkan pengetahuan teoretis dan kurang mendalami nilai Pancasila itu sendiri.

Menurut Plt Kepala BPIP Hariyono, Pancasila merupakan ideologi masa depan, maka pendidikan Pancasila harus memberikan harapan. (Bay/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More