Rabu 10 Juli 2019, 15:15 WIB

PN Jaksel Tanggapi Permohonan Kivlan Minta Ganti Hakim

M Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
PN Jaksel Tanggapi Permohonan Kivlan Minta Ganti Hakim

ANTARA
Kivlan Zen

 

PENGADILAN Negeri (PN) Jakarta Selatan menanggapi permohonan terdakwa Kivlan Zen untuk mengganti hakim tunggal yang memimpin sidang praperadilan.

Humas PN Jakarta Selatan Achmad Guntur mengatakan semua orang berhak mengajukan permohonan ke Pengadilan Negeri terkait jalanya sidang.

"Semua orang bisa mengajukan permohonan apa saja, tergantung yang dimintai permohonan tersebut apakah dikabulkan atau tidak," kata Achmad Guntur saat dihubungi, Selasa (9/7).

Permohonan pergantian hakim bukan tanpa alasan, tim kuasa hukum Kivlan kecewa karena hakim mengundur sidang praperadilan hingga 22 Juli.

Hakim tunggal yang menangani sidang praperadilan Kivlan Zen, yang juga humas PN Jakarta Selatan, Achmad Guntur, enggan bebricara lebih lanjut permohonan agar dirinya diganti selaku hakim tunggal.

Baca juga: Kivlan Zen Minta Ganti Hakim Praperadilan

Surat permohonan tersebut akan diberikan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa (9/7). Namun Guntur mengaku belum mendapat surat tersebut.

"Saya belum tahu ada surat, silakan tanya kepada yang bersangkutan," ujar Guntur.

Sidang praperadilan Kivlan diundur hingga tanggal 22 Juli. Kuasa hukum Kivlan Zen, Tonin Tachta Singarimbun, kecewa dengan keputusan tersebut karena dianggap terlalu lama.

Waktu sidang pun dinilai berdekatan dengan habisnya masa tahanan kliennya dan pelimpahan berkas perkara ke kejaksaan tanggal 29 Juli.

Sebelumnya, Achmad Guntur selaku hakim tunggal praperadilan dengan pemohon Kivlan Zen mengundur sidang menjadi 22 Juli 2019. Pengunduran sidang dilakukan karena pihak termohon yakni Polda Metro Jaya tidak hadir dalam persidangan, Senin (8/7).(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More