Rabu 10 Juli 2019, 14:56 WIB

Prabowo-Sandi Ajukan Kasasi TSM Pemilu, KPU Jadi Pihak Tergugat

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Prabowo-Sandi Ajukan Kasasi TSM Pemilu, KPU Jadi Pihak Tergugat

MI/Rommy Pujianto
Komisioner KPU Hasyim Asyari (tengah)

 

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari mengaku sudah mendapat pemberitahuan dari Mahkamah Agung mengenai pengajuan kasasi yang dilayangkan pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait pelanggaran pemilu terstruktur, sistematis dan masif (TSM).

"Ada pemberitahuan (dari MA), (KPU) sebagai pihak tergugat," ujar Hasyim di Gedung MK, Jakarta, Rabu (10/7).

Menurut Hasyim, pihak tergugat utamanya adalah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Namun, MA memberitahukan bahwa pihaknya juga menjadi tergugat atau termohon.

Pengajuan kasasi perkara tersebut merupakan yang kedua kali diajukan Prabowo-Sandiaga. Sebelumnya, MA menolak permohonan dengan alasan tidak memenuhi syarat formil alias niet ontvanklijk verklaard (NO). Putusan MA memperkuat putusan Bawaslu yang menolak laporan TSM Prabowo-Sandi.

Baca juga: Yusril Yakin MA akan Kembali Tolak Kasasi Prabowo-Sandi

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan pengajuan kasasi tersebut tidak menjadi masalah. Ia mempersilakan bagi siapa saja yang merasa belum menuntaskan jalur hukum dalam pemilu, untuk mengajukan gugatan ke lembaga peradilan.

"Ya silakan saja semua jalur dipakai ya, bahwa kemudian jalurnya benar atau tidak nanti peradilan yang akan menyatakan itu. Intinya KPU ketika digugat kan nggak boleh mengelak, harus menjawab. KPU kan sifatnya pasif," tandas Hasyim.

Untuk diketahui, Mahkamah Agung telah meregister perkara tersebut dengan Nomor 2P/PAP/2019 tanggal 3 Juli 2019. Perkara ini kini sedang diperiksa MA yang tengah dalam proses menunggu tanggapan KPU dan Bawaslu selaku tergugat.(OL-5)

Baca Juga

Ilustrasi

Komite I DPD Tolak PIlkada Serentak 2020, Begini Pertimbangannya

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:48 WIB
Keselamatan rakyat harus jadi perttimbangan penyelenggaraa negara dalam menggelar hajat demokrasi yang melibatkan massa di tengah pandemi...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

ICW Kritik Firli yang Absen Konferensi Pers Penangkapan Nurhadi

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 22:41 WIB
Berkaca ke belakang, kata dia, Ketua KPK pada periode sebelumnya seringkali hadir dalam konferensi pers yang terkait langsung dengan elit...
MI/Ramdani

Muhammadiyah Ingatkan Presiden Jokowi Perbaiki Komunikasi Politik

👤Nur Azizah 🕔Selasa 02 Juni 2020, 20:53 WIB
Menurut Muti, masukan itu karena pernyataan pembantu presiden yang kerap tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya