Rabu 10 Juli 2019, 08:25 WIB

BTP ke Lapangan Banteng Anies Pergi ke Kolombia

Selamat Saragih | Megapolitan
BTP ke Lapangan Banteng Anies Pergi ke Kolombia

METROTV/AJI JATMIKO
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama saat mengunjungi Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/7).

 

SAAT Gubernur DKI Anies Baswedan siap-siap terbang ke Kolombia, mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias BTP, mendatangi Taman Lapangan Banteng (TLB), Jakarta Pusat, yang telah direvitalisasi.

Basuki yang santer dipanggil Ahok mengabadikan kunjungannya dalam vlog berjudul Pertama Kali ke Lapangan Banteng yang diunggah ke akun Youtube Panggil Saya BTP.

Dalam vlog-nya itu, BTP meng-ungkapkan revitalisasi TLB menggunakan dana kompensasi pelampauan koefisien lantai bangunan (KLB) dari pengembang sebesar Rp77 miliar. "PT Sinar Mas Teladan memiliki kewajiban menata segmen Monumen Pembebasan Irian Barat dan area sisi selatan," cetus BTP, kemarin.

Kemudian Rahadi Santoso dan Irma Rahadi Santoso membayar kompensasi KLB dalam bentuk pembangunan pagar lapangan olahraga. Selanjutnya corporate social responsibility (CSR) PT Rekso Nasional Food memperbaiki fasilitas lapangan olahraga serta penyediaan area bermain anak-anak.

Revitalisasi sejak Maret 2017 telah mengubah wajah TLB yang dulu kumuh dan negatif (tempat transaksi pria sejenis) menjadi lebih bagus. BTP pun berkeliling, bersalaman, bercengkerama, dan berfoto dengan warga yang sedang bersantai di taman.

Mantan Bupati Belitung Timur itu tampak senang menyaksikan kondisi akhir TLB. "Bayangin, ada Monas, ada ini (TLB) ya. Kalau orang bule datang ke Jakarta dan nongkrong di sini, kita enggak malu loh. Suasana terasa aman. Kalau dulu takut ada apa-apa," ujarnya.

Revitalisasi TLB digagas mantan Gubernur DKI Jakarta itu pada 2016. Ahok tak berkesempatan meletakkan batu pertama karena sudah mulai bertarung dalam Pilkada DKI 2017 sehingga mewakilkan kepada Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono, yang saat itu menjabat Plt Gubernur DKI.

Setelah pengerjaan lebih setahun, revitalisasi TLB selesai dan diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada 25 Juli 2018.

Satu-satunya

Secara terpisah, kemarin malam, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dijadwalkan berangkat ke Kolombia hingga 16 Juli. Anies menghadiri World Cities Summit 2019 yang berlangsung di Medellin, Kolombia.

Anies menjelaskan, dia menjadi pembicara dalam C40 High-Level Event, yaitu Roundtable Discussion (Diskusi Meja Bundar) dengan tema How to make low carbon mobility in cities a bigger movement? (Bagaimana cara menekan angka karbon dalam kota sebagai suatu gerakan besar bersama).

C40 sendiri, menurut Anies, beranggotakan 94 kota megapolitan dunia yang berkomitmen bersama-sama mengatasi masalah perubahan iklim. Jakarta satu-satunya kota yang mewakili Indonesia," cetusnya.

Forum tahunan C40 diadakan untuk ke-10 kalinya. Jakarta berada pada era saat kompetisi antara kota dan daerah tumbuh dengan pesat. Setiap daerah berusaha menarik sumber daya manusia terbaik, mengembangkan infrastruktur yang canggih, untuk menjadikan tujuan kota metropolis dunia.

"Jakarta hadir bukan hanya untuk menjadi contoh di tingkat nasional, melainkan juga rujukan di tingkat global," pungkas mantan Mendikbud tersebut. (J-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More