Rabu 10 Juli 2019, 07:20 WIB

India Bangun 250 Rumah untuk Warga Rakhine

(Channelnewsasia/Tes/X-11) | Internasional
 India Bangun 250 Rumah untuk Warga Rakhine

. (Photo by STR / AFP)
Anak-anak Rohingya berjalan di sekitar tanah longsor di kamp pengungsi Balukhali di Ukhia pada 7 Juli 2019

 

PEMERINTAH India kemarin menyerahkan 250 rumah baru ke Myanmar yang ditujukan kepada penduduk desa di negara bagian Rakhine mengingat banyak warga di wilayah tersebut yang kehilangan tempat tinggal setelah bergejolaknya konflik.

Rumah prefabrikasi itu merupakan bagian dari perjanjian yang disepakati kedua negara pada Desember 2017. Kerja sama terjadi di tengah pergolakan konflik di Rakhine utara terutama terjadinya bentrokan senjata tentara Myanmar dengan pejuang suku Arakan dan penundaan repatriasi pengungsi Rohingya dari Bangladesh.

Lebih dari 750 ribu warga Rohingya terpaksa melarikan diri agar selamat dari operasi penumpasan di Rakhine pada Agustus 2017.

Myanmar saat ini terus meningkatkan pembangunan rumah bagi penduduk desa yang terlantar di Rakhine utara.

Kerja sama

Kontribusi India menjadi salah satu program positif yang diterima pemerintah Myanmar. Tiongkok dan Jepang juga diketahui membangun sejumlah rumah untuk mengakomodasi komunitas pengungsi.

Di bawah proyek pembangunan rumah oleh otoritas India, Myanmar menyediakan tiga bidang tanah dengan kapasitas 250 rumah, yang dialokasikan untuk komunitas Hindu, muslim, dan Rakhine. Pihak berwenang menyatakan sejumlah rumah baru memiliki jarak 3 kilometer dari permukiman penduduk desa sebelumnya.

Setiap rumah prefabrikasi, dengan mayoritas bagian rumah dirakit di lokasi, berukuran sekitar 40 meter persegi. Proyek pembangunan juga melibatkan bantuan dan tenaga kerja lokal.

Dari tiga kelompok rumah itu, yang paling banyak menampung penduduk komunitas Hindu ada di Desa Shwe Zar, dengan jumlah 148 unit.

Permukiman ini dilengkapi aliran listrik dan saluran pipa air sederhana yang dipasang akhir Juli. Dua bidang tanah lainnya, masih dalam proyek pembangunan India, berada di Desa Kyein Chaung Taung. Sekitar 60 rumah dibangun untuk komunitas muslim Rohingya, sedangkan 42 rumah di Nant Thar Taung dialokasikan untuk penduduk Desa Rakhine. (Channelnewsasia/Tes/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More