Rabu 10 Juli 2019, 01:00 WIB

Glenn Fredly: Siapkan Perayaan Perjalanan Karier 25 Tahun

Ardi Teresti Hardi | Hiburan
Glenn Fredly: Siapkan Perayaan Perjalanan Karier 25 Tahun

MI/SUMARYANTO BRONTO
Penyanyi dan pelantun lagu pop dan R&B

 

TENGGAT seperempat abad bukanlah masa pendek untuk seseorang berkarier di dunia tarik suara. Tentu, selama perjalanan itu ada kenangan tersendiri dan perlu penanda khusus agar tidak mudah dilupakan.
     
Adalah penyanyi Glenn Fredly yang pada 2020 nanti akan merayakan 25 tahun berkarier di belantika musik Tanah Air. Ia pun telah mempersiapkan album dobel dan konser tunggal di beberapa daerah untuk perayaan itu.
     
"Tahun depan (2020) saya akan banyak off di festival karena saya akan membuat konser sendiri 25 tahun (perjalanan karier) dan tur," katanya saat berpartisipasi di Prambanan Jazz 2019, Minggu (7/7) petang.
     
Glenn berencana, konser perjalanan karier 25 tahunnya akan digelar di ruangan terbuka (outdoor). Selain itu, ia juga akan menggelar konser tersebut di sekitar 10 kota atau lebih di luar ruangan.
     
"Perjalanan 25 tahun bisa dibilang, buat saya pribadi, banyak hal yang bisa saya ceritakan," ujar pelantun lagu pop dan R&B ini.
     
Pada 2019, ia mempersiapkan album dobel untuk menyambut perayaan 25 tahun perjalanan kariernya. Dua album tersebut akan diluncurkan secara terpisah, yaitu pada 2019 dan 2020.

Materi dalam album baru tersebut merupakan ciptaannya. Di dalamnya akan ada kolaborasi yang spesial, yang selama ini diimpikannya.
     
Glenn belum membocorkan musikus-musikus yang akan berkolaborasi dengannya di dua album terbarunya itu. Ia hanya memberi bocoran, musikus-musikus tersebut memiliki tempat spesial bagi perjalanan kariernya. Bisa musisi baru dan lama.

"Musisi-musisi tersebut, menurut saya, kasih pengaruh perjalanan buat musik saya. Tidak sekadar cara dia barmusik, tetapi misinya dalam bermusik menginspirasi saya," aku Glenn yang pada September nanti berusia 44 tahun.

Glenn menyebut, persiapan album dobel tersebut sudah sekitar 4 tahun yang lalu, dan satu albumnya baru bisa rilis pada 2019. Salah satu lagu di album barunya tersebut akan menjadi original soundtrack untuk film Twivortiare yang akan rilis pada Juli 2019.
     
Persaingan
Dalam industri musik, adanya penyanyi lain dan penyanyi baru merupakan hal yang wajar. Semua orang ingin tampil dan menyuguhkan yang terbaik agar industri musik berjalan dan punya dinamika.
     
"Tidak ada dalam pemikiran saya bersaing dengan musikus-musikus yang lain karena kekuatan musik itu justru di kolaborasinya," ujar dia. Glenn tetap meyakini, dalam musik, regenarasi sangat penting. Musik tidak dapat dimonopoli. Sifat alami industri musik ialah selalu butuh sesuatu yang baru.
     
"Musik Indonesia harus diwarani talenta-talenta yang andal," tegas pemilik hit Kasih Putih ini. Dengan cara itu, kreativitas musisi akan selalu terdorong untuk menampilkan sesuatu yang baru.
     
Di dunia musik, menurut Glenn, yang paling berat, yakni mengatur ritme dalam berkarya. "Dari situ saya sangat menghargai orang-orang di belakang layar yang men-support saya selama 25 tahun," kata dia. Glenn pun mengaku banyak belajar dalam mengelola timnya dan bersikap dewasa dalam berbagai hal, termasuk saat menghadapi media.

Setelah perjalanan 25 tahun kariernya, Glenn mengaku ingin rehat sejenak dari panggung. Ia akan mengambil posisi agak mundur kebelakang. (H-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More