Selasa 09 Juli 2019, 20:21 WIB

Kasasi Prabowo-Sandi, KPU : Sudah Selesai di MK

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Kasasi Prabowo-Sandi, KPU : Sudah Selesai di MK

Antara/Puspa Perwitasari
Komisioner KPU Viryan Azis

 

KOMSIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan Aziz merespon soal pengajuan kasasi kembali oleh bekas calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait dugaan pelanggaran pemilu secara terstruktur, sistematis dan masif (TSM) ke Mahkamah Agung.

Menurut Viryan, secara yuridis, pascaputusan Mahkamah Konstitusi, perkara soal sengketa pemilu sudah selesai dan harus dipatuhi semua pihak.

"Kita sama-sama ketahui MK telah menyidangkan dan memutuskan terkait sengketa hasil Pilpres. Putusan MK final dan mengikat, jadi bagi kami sudah selesai. Namun, itu silakan hak dari pak Prabowo dan Pak Sandiaga menyampaikan ke MA soal kasasi," ujar Viryan di Gedung MK, Jakarta, Selasa (9/7).

Menurut keterangan Ketua kuasa hukum pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra, Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Djoko Santoso telah mengajukan laporan TSM ke Bawaslu. Namun, dinyatakan perkara pelanggaran administrasi TSM itu “tidak dapat diterima” (N.O. atau niet ontvanklijk verklaard).

Baca juga : Gerindra Sebut Kasasi di MA Tanpa Sepengetahuan Prabowo-Sandi

Artinya, materi perkaranya tidak diperiksa sama sekali oleh Bawaslu karena tidak memenuhi syarat formil.

BPN kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan N.O Bawaslu tersebut. MA dalam putusan kasasinya menguatkan Putusan Bawaslu. MA kembali menyatakan perkara tersebut tidak dapat diterima.

Alasan penolakannya karena pemohon perkara diajukan oleh Jend TNI (Purn) Djoko Santoso, dimana tidak mempunyai legal standing.

Atas putusan kasasi MA tersebut, pengacara BPN kemudian mengganti Pemohon perkara. Kali ini permohonannya dilakukan langsung oleh Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sebagai pihak yang mempunyai legal standing.

"Pemahaman kami terkait sengketa pemilu hanya dapat dilakukan ke Mahkamah Konstitusi. Tapi, kita mengapresiasi Prabowo-Sandi sudah melakukan upaya itu. Nanti MA tentu akan menilai pengajuan (kasasi) tersebut," tandas Viryan. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA

Sebelum Jalankan Normal Baru, Pemerintah Harus Terbuka

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:40 WIB
Wakil Ketua Fraksi PKS Sukamta meminta pemerintah menyampaikan situasi dan kondisi sebenarnya dalam penanganan covid-19,bukan mewacanakan...
Bappenas/Riset MI-NRC/Grafis: Seno

Perketat Disiplin Sosial

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 28 Mei 2020, 06:18 WIB
Setiap daerah diharapkan mendapat kewenangan untuk menentukan strategi penanganan pandemi sesuai karakteristik...
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

140 Napi Asimilasi Kembali Berulah

👤Kautsar Bobi 🕔Kamis 28 Mei 2020, 05:48 WIB
Polisi kembali menangkap 140 narapidana asimilasi covid-19 yang kembali berulah melakukan kejahatan di masyarakat. Dari pantauan kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya