Selasa 09 Juli 2019, 17:30 WIB

WNI Eks Pendukung ISIS Harus Penuhi 2 Syarat Kepulangan

Golda Eksa | Politik dan Hukum
WNI Eks Pendukung ISIS Harus Penuhi 2 Syarat Kepulangan

MI/RAMDANI
Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu

 

RATUSAN WNI eks pendukung kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dikabarkan terkatung-katung di Suriah. Mereka belum bisa kembali ke Tanah Air lantaran pemerintah Indonesia belum menyampaikan permintaan resmi.

Menurut Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu, pemerintah bisa memulangkan seluruh WNI tersebut. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu menyatakan janji setia kepada Pancasila dan NKRI secara lisan dan tulisan.

Baca juga: Bawaslu Mengaku Belum Duduk Bareng Bahas E-Recap dengan KPU

"Makanya janji dulu dong. Kalau di sini jadi ISIS, ya tidak usah (pulang). Kalau insaf, orang baik-baik, tidak apa-apa," ujar Ryamizard seusai menghadiri acara silaturahmi dengan Forum Rekat Anak Bangsa Presidium Alumni (PA) 212, di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (9/7).

Menurut dia, janji setia itu juga berlaku bagi perempuan dan anak-anak yang ingin kembali ke Indonesia. Tujuannya, agar mereka nantinya tidak melanjutkan perjuangan tersebut di negeri ini.

"Kita ini bangsa yang berperikemanusiaan. Tetapi kalau kita datangkan dan orang-orang langsung ngebom di sana dan di sini, rusak nanti. Mengerti enggak? Janji dulu untuk tidak berbuat macam-macam," pungkasnya. (OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More