Selasa 09 Juli 2019, 14:39 WIB

Kepulangan Rizieq Syarat Rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Kepulangan  Rizieq Syarat Rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi

MI/Raisan Al Farisi
Ketua FPI Rizieq Shihab

 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan kepulangan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab sebagai salah satu syarat rekonsolisiasi Prabowo dan Jokowi.

Selain Rizieq, Muzani juga mengatakan pembebasan tokoh dan pendukung Prabowo-Sandi yang terjerat kasus hukum juga menjadi bahasan dalam rekonsiliasi nantinya.

"Bukan hanya Rizieq, kemarin banyak yang ditahan-tahanin. Segala macam lah pokoknya. Itu bagian supaya pandangan yang tajam di masyarakat mengendur," kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (9/7).

Muzani mengatakan rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo harus dilakukan untuk meredam dendam yang ada pada masing-masing pendukung dan upaya menghilangkan kubu kalah dan menang pasca-perhelatan Pilpres 2019.

Maka dari itu, Muzani mengatakan rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo tidak boleh sekadar ucapan di bibir, bualan, atau berujung pada lobi politik.

"Bukan sekadar lip service, atau dagangan politik, atau sekadar bualan tetapi menjadi sesuatu keharusan yang memang ketika proses itu semua terjadi. Jadi, rekonsiliasi, islah, itu akan genuine kalau terjadi seperti itu. Kita sampaikan itu ke semuanya sehingga tidak ada kriminalisasi," kata Muzani.

Meski demikian, Muzani belum memastikan kapan rekonsiliasi antara Jokowi dan Prabowo tersebut, lantaran kesibukan dari kedua tokoh tersebut.

"Bisa lebih cepat di bulan-bulan ini, bisa agak lambat. Tapi yang pasti, terus terang saya belum bisa memperkirakan karena keduanya kesibukannya sangat padat sekali," tutur Muzani.

Sebelumnya, mantan Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengusulkan agar rekonsiliasi juga dilakukan dengan cara memulangkan Rizieq Shihab ke Indonesia.

"Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yang paling tepat beri kesempatan kepada Habib Rizieq kembali ke Indonesia," tulis Dahnil di akun Twitter-nya. (OL-09)

Baca Juga

MI/M Soleh

Soal Djoko Tjandra, Komisi III akan Panggil Imigrasi dan Polri

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:26 WIB
Anggota Komisi III DPR Wihadi Wiyanto mempertanyakan alasan l National Central Bureau (NCB) Interpol mencabut status buronan terpidana...
Ilustrasi

Kemensos-BNN Kerjasama Cegah dan Tangani Narkoba

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:51 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, nota kesepahaman ini menjadi landasan kerja sama dalam menyamakan persepsi dan cara bertindak...
MI/Adi Kristiadi

Geledah Pendopo Walikota Banjar, KPK Usut Korupsi Infrastruktur

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:03 WIB
Ali Fikri mengatakan tim penyidik KPK saat ini sedang melakukan tahap pengumpulan alat bukti. Penyidik memeriksa saksi dan melakukan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya