Selasa 09 Juli 2019, 09:42 WIB

Memanfaatkan Eceng Gondok Jadi Kertas

Denny Susanto | Nusantara
Memanfaatkan Eceng Gondok Jadi Kertas

Antara
Ilustrasi

 

UNIVERSITAS Islam Kalimantan (Uniska) Banjarmasin bekerja sama dengan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, membangun Desa Sahabat Sampah di Kalimantan Selatan. Kegiatan pengembangan desa melalui Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) ini memilih desa wisata Lok Baintan dengan memanfaatkan tanaman eceng gondok.

PPDM Uniska Banjarmasin memanfaatkan tanaman enceng gondok untuk dibuat kertas. Eceng gondok merupakan tanaman gulma yang banyak terdapat di perairan sungai di Kalsel. Mujahid Akbar Hayat, Dosen Uniska Banjarmasin mengatakan dipilihnya Lok Baitan sebagai lokasi pemanfaatan limbah eceng gondok dikarenakan, wilayah ini merupakan lokasi objek wisata pasar terapung yang sering di kunjungi wisatawan dalam negeri dan manca negara.

"Kita mencoba memanfaatkan tanaman eceng gondok yang selama ini dianggap sampah menjadi lebih bermanfaat. Masyarakat sekitar kita berdayakan melalui program Desa Sahabat Sampah," ujarnya, Selasa (9/7).

Sementara Mukhlis salah seorang instruktur dari program pengolahan eceng gondok ini menyampaikan bahwa pembuatan limbah eceng gondok menjadi kertas merupakan langkah awal. Ke depannya pihaknya akan mengembangkan limbah eceng gondok ini menjadi produk lebih luas seperti paper bag, kartu nama dan lainnya.

baca juga: KY Pelototi Calon Hakim Ad Hoc Tipikor Berlatar Politikus

Pelaksanaan Desa Sahabat Samoah di Desa Lok Baintan, Kabupaten Banjar ini akan berjalan selama tiga tahun dengan anggaran Rp300 juta.      Tokoh masyarakat Lok Baintan, Safriansyah berharap inovasi ini terus berkembang, untuk dapat terus  meningkatkan perekonomian warga. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Depi Gunawan

Puluhan Rumah di Kota Sukabumi Rusak Diterjang Angin Kencang

👤Antara 🕔Kamis 24 September 2020, 05:51 WIB
Puluhan rumah rusak akibat dampak angin kencang dan hujan deras melanda Kota Sukabumi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa...
MI/Denny Susanto

Syafruddin-Alpiya Janjikan Gratiskan Pendidikan dan Kesehatan

👤Denny Susanto 🕔Kamis 24 September 2020, 05:44 WIB
Pasangan Syafruddin-Alpiya menjanjikan penggratisan pendidikan dan kesehatan. Bahkan pasangan ini siap mengirim anak-anak berprestasi untuk...
ANTARA FOTO/Ardiansyah

Pemprov Sulbar Rencanakan Bangun Jalan Penghubung Mamuju-Tapalang

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 September 2020, 01:30 WIB
Pembangunan jalan menuju Kecamatan Tapalang dari kota Mamuju untuk memperpendek jarak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya