Selasa 09 Juli 2019, 02:20 WIB

Alisson Becker Pantas Pikirkan Bola Emas

Berbagai sumber/Cah/R-2 | Sepak Bola
Alisson Becker Pantas Pikirkan Bola Emas

PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP
Alisson Becker

 

ALISSON Becker kariernya meroket berkat kesabaran dan kegigihan di bawah mistar gawang. Pria yang memiliki tinggi 193 sentimeter itu dalam satu musim mampu menyabet tiga kali berturut-turut penghargaan tertinggi untuk karier seorang kiper berupa sarung tangan emas.

Lahir dan besar di Novo Hamburgo, kota kecil yang terletak di ujung selatan Brasil, Alisson tidak membuatnya takut menantang kompetisi-kompetisi sepak bola terketat dan terpopuler sejagat, yakni Liga Primer Inggris, Liga Champions, dan Copa America.

Usaha yang konsisten, perlahan tapi pasti, ia mampu menjadi pilihan utama klub the Reds Liverpool Inggris. Performa apik dia tunjukkan semenjak hijrah dari AS Roma, Italia, ke Liverpool. Kendati Alisson hanya menjadi pengganti kiper utama Loris Karius ketika berhalangan atau cedera. Tidak butuh waktu lama berada di Anfield, kiper berusia 26 tahun itu menggeser posisi Karius. Bahkan kini dia mendapatkan nomor punggung 1 setelah membantu 'si Merah' menjuarai Liga Champions 2019.

Bersama Selecao, Alisson juga merangkak dari bawah. Dimulai menjadi kiper timnas Brasil U-17, kemudian U-21, dan akhirnya menjadi pilihan utama di ajang Copa America 2019. Tanpa pernah bobol di pertandingan normal hingga Selecao lolos ke final, kemarin dini hari. Di laga pemungkas itu, gawangnya akhirnya bobol akibat penalti saat Brasil unggul 3-1 atas Peru.

Berkat kegigihan sepanjang musim ini, sejumlah prestasi menjadi miliknya. Bersama Liverpool tidak hanya mempersembahkan gelar Liga Champions, tapi juga menyempurnakan dengan mengharumkan klub melalui dua sarung tangan emas, sebagai kiper terbaik Liga Primer Inggris dan tentunya juga Liga Champions. Terkini, bersama 'tim Samba' Brasil, Alisson juga mendapatkan penobatan serupa.

Deretan prestasi membuat Alisson layak berebut predikat pemain terbaik dunia dan menguasai trofi Ballon d'Or. Catatan 36 kali clean sheet atau tidak kebobolan sepanjang musim ini (2018/2019) menjadikan Alisson pantas memenangi 'Bola Emas'. (Berbagai sumber/Cah/R-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More