Senin 08 Juli 2019, 22:00 WIB

PM Baru Yunani Janjikan Peningkatan Kesejahteraan

AFP/*/X-11 | Internasional
PM Baru Yunani Janjikan Peningkatan Kesejahteraan

ANGELOS TZORTZINIS / AFP
Perdana Menteri Yunani terpilih, Kyriakos Mitsotakis.

 

PERDANA Menteri Yunani terpilih, Kyriakos Mitsotakis, bersumpah bahwa negara itu akan 'dengan bangga' memasuki periode pasca-bailout dengan naiknya 'pekerjaan, keamanan, dan pertumbuhan' setelah meraih kemenangan besar dalam pemilihan umum.

Hasil resmi menunjukkan Mitsotakis mengalahkan petahana Alexis Tsipras dari sayap kiri yang sedang melakukan langkah-langkah penghematan setelah penyelamatan dramatis Yunani oleh kreditur internasional dalam krisis utang Eropa.

"Siklus menyakitkan telah ditutup. Yunani akan bangkit kembali," kata Mitsotakis dalam pidato yang disiarkan televisi.

"Saya tidak akan gagal untuk menghormati harapan Anda," katanya ketika ucapan selamat datang dari Ketua Komisi Eropa Jean-Claude Juncker dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dengan hasil resmi dari 94%TPS, Demokrasi Baru yang dipimpin Mitsotakis mencetak kemenangan hampir 40%-angka terbaiknya dalam lebih dari satu dekade-menyingkirkan suara 31,5% untuk Partai Syriza pimpinan Tsipras yang berhaluan kiri.

Tsipras sebelumnya telah mengakui kekalahan setelah lebih dari empat tahun berkuasa. Pria 44 tahun itu memperingatkan bahwa Partai Syriza akan 'secara dinamis' menentang upaya untuk mengurangi reformasi proburuh.

Demokrasi Baru terakhir berkuasa pada 2014 dalam koalisi dengan kaum sosialis Yunani. Mitsotakis merupakan keturunan dari salah satu keluarga politik terkenal di Yunani.

Dia ialah putra mantan PM Constantine Mitsotakis. Kakaknya ialah mantan Menteri Dora Bakoyannis, wali kota perempuan pertama Athena. Sementara itu, Wali Kota Athena yang baru, Costas Bakoyannis ialah keponakannya.

Tsipras menuduh Mitsotakis, yang merupakan bagian dari pemerintahan krisis 2012-2014, melakukan kesalahan manajemen yang menyebabkan ratusan ribu orang kehilangan pekerjaan dan kegagalan bisnis.

Namun, Tsipras yang mengurangi pengangguran dan menaikkan upah minimum untuk pertama kalinya sejak 2012, dikritik karena berkampanye sebagai pejuang antipenghematan sebelum akhirnya menerima bailout Uni Eropa yang ketiga dan pengurangan kemajuan ekonomi yang menyertai langkah tersebut.

Mitsotakis lalu berjanji untuk menciptakan lapangan kerja yang 'lebih baik' melalui pertumbuhan, investasi asing, serta pemotongan pajak dan 'mengendalikan' hambatan-hambatan bisnis.

Di sisi lain, partai berhaluan neo-Nazi Golden Dawn tampaknya akan tersingkir dari parlemen Yunani untuk pertama kalinya sejak 2012. (AFP/*/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More