Sabtu 06 Juli 2019, 07:45 WIB

Reboisasi Solusi Atasi Perubahan Iklim

Media Indonesia | Humaniora
Reboisasi Solusi Atasi Perubahan Iklim

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

SUDAH waktunya sekitar 0,9 miliar hektare lahan di seluruh dunia direboisasi. Bila itu dilakukan, akan dapat menangkap dua pertiga dari emisi karbon buat­an manusia.

Menurut sebuah penelitian, metode reboisasi tersebut dinilai paling efektif untuk memerangi perubahan iklim. Lab Crowther di ETH Zurich, Swiss, menyelidiki solusi berbasis alam untuk perubahan iklim. Dalam studi terbaru mereka, para peneliti untuk pertama kalinya dapat menunjukkan, di belahan dunia mana saja pohon baru bisa tumbuh dan berapa banyak karbon yang akan disimpan.

“Aspek yang sangat penting bagi kami ketika melakukan penghitungan ialah memisahkan kota-kota atau area pertanian dari total potensi restorasi karena area itu diperlukan untuk kehidupan manusia,” kata ketua penulis studi dan pascadoktoral di Lab Crowther, Jean-François Bastin.

Menurutnya, alat di situs web Lab Crowther memungkinkan pengguna untuk melihat di titik mana pun di dunia dan mencari tahu berapa banyak pohon yang bisa tumbuh di sana, juga berapa banyak karbon yang akan disimpan. (ScienceDaily/*/X-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

ICW: Proyek Kartu Prakerja Tidak Transparan dan Tidak Berstandar

👤Antara 🕔Senin 01 Juni 2020, 20:07 WIB
Selain persoalan tidak adanya standar harga pelatihan, besaran komisi platform digital juga tidak...
DOK DPR RI

Puan Minta Pemerintah Dengar Aspirasi Rakyat Sebelum New Normal

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Juni 2020, 19:13 WIB
Puan meminta agar penyelenggaraan pendidikan di tengah Pandemi Covid-19 perlu dikelola dengan baik agar tidak berdampak pada kesehatan...
Dok. BNPB

15 Provinsi Nihil Penambahan Kasus Covid-19

👤Atalya Puspa 🕔Senin 01 Juni 2020, 18:20 WIB
Secara nasional kasus positif covid-19 terus bertambah setiap harinya. Namun per hari ini, Senin (1/6) tidak terjadi penambahan kasus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya