Jumat 05 Juli 2019, 20:15 WIB

Anies Sebut BPPT 'Offside' Ungkap Rencana Hujan Buatan di Jakarta

Selamat Saragih | Megapolitan
Anies Sebut BPPT

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, saat ini hujan buatan dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC) masih dalam pengkajian.

Dia juga menilai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi ( BPPT) terlalu terburu-buru memberikan informasi kepada publik terkait rencana hujan buatan ini.

"Soal hujan buatan, nanti sesudah matang baru diumumkan. Menurut saya BPPT offside tuh, jadi sebelum matang, sebelum semuanya siap baru kita umumkan. Kalau kita hanya menjadi perdebatan saja," ungkap Anies, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (5/7).

Anies menyebutkan, Pemprov DKI Jakarta tidak ingin terburu-buru menginformasikan hal ini karena masih dalam proses pengkajian, baik langkah jangka pendek maupun jangka panjang.


Baca juga: KLHK: Kualitas Udara Jakarta masih Relatif Bagus


"Jadi kami ingin agar langkah-langkah untuk membereskan masalah kualitas udara Jakarta ini bukan langkah jangka pendek saja. Tapi juga jangka panjang. Nah ini jangka pendek sedang kita bicarakan. Dimatangkan dulu terus nanti diumumkan. Saya mendengar BPPT sudah menyampaikan ke luar," katanya.

Sebelumnya, BPPT berencana membuat hujan buatan dengan TMC pada pertengahan Juli mendatang. Tujuannya untuk mengatasi polusi udara di Jakarta.

"Gubernur DKI Jakarta sudah beri lampu hijau dan meminta agar TMC dilaksanakan paling cepat setelah tanggal 10 Juli dan paling lambat sebelum periode anak sekolah masuk pasca-libur," ujar Kepala BPPT, Hammam Riza, melalui keterangan tertulis, Kamis (4/7).

Kegiatan TMC akan didukung TNI AU Skuadron 4 Lanud Abdurachman Saleh, Malang. (OL-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More