Jumat 05 Juli 2019, 20:15 WIB

Fosil Manusia Purba Tertua Ditemukan di Bumiayu

Supardji Rasban | Nusantara
Fosil Manusia Purba Tertua Ditemukan di Bumiayu

Ilustrasi/ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Fosil manusia purba.

 

TIM penelitian Balai Arkeologi Yogyakarta memastikan fosil manusia purba tertua di Pulau Jawa dan Indonesia bukanlah di Sangiran, Jawa Timur, melainkan berasal dari Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Fosil tersebut usianya mencapai 1,8 juta. Hal itu terungkap setelah peneliti menemukan tulang bonggol dan rahang beserta akar gigi dari manusia purba.

Fosil manusia purba yang ditemukan di Bumiayu itu merupakan kelompok homo erectus yang perkembangannya berasal dari evolusi lokal yang disebut dengan multiregional. Itu berbeda dengan fosil manusia purba di Sangiran yang berusia 1,5 juta tahun dengan perkembangan manusia purbanya berasal dari Benua Afrika.

Baca juga: Warga Ngawi Temukan Fosil Tulang Paha Gajah Purba

Keberadaan homo erectus di wilayah Bumiayu sangat memungkinkan dikarenakan pada 2,4 juta tahun lalu wilayah Bumiayu merupakan pantai timur Pulau Jawa.

"Sebelum akhirnya Pulau Jawa terbentuk seluruhnya seperti sekarang ini," ujar anggota tim yang menyosialisasikan tentang penemuan fosil manusia purba tertua Wijanarto, Jumat (5/7).

Bahkan, menurut Wijanarto, sebelumnya para peneliti telah menemukan fosil-fosil hewan purba di wilayah Bumiayu dan sekitarnya.

"Penemuan berupa fosil gajah purba, kuda air, rusa, banteng dan kerbau," jelas Wijanarto.(OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More