Jumat 05 Juli 2019, 16:36 WIB

Uni Emirat Arab Ingin Tingkatkan Investasi ke Indonesia

Dero Iqbal Mahendra | Ekonomi
Uni Emirat Arab Ingin Tingkatkan Investasi ke Indonesia

ANTARA/Bayu Prasetyo
Wakil Presiden Jusuf Kalla berjalan bersama Menteri Energi dan Industri Uni Emirat Arab, Suhail Mohamed Al Mazrouei.

 

INDONESIA dipandang sebagai salah satu negara yang memiliki potensi ekonomi cukup besar dalam rantai perdagangan dunia. Menteri Energi dan Industri Uni Emirat Arab (UEA) Suhail Mohamed Al Mazrouei mengungkapkan pihaknya tertarik untuk meningkatkan investasinya di Indonesia.

Ia mengungkapkan Indonesia memiliki hubungan baik dengan UEA, terutama dalam kaitan ekonomi. Selama ini kedua negara memiliki hubungan baik bukan hanya antar pemerintahan namun juga sektor bisnis, entitas hingga kamar dagang antar kedua negara.

“Kami sangat berkomitmen untuk meningkatkan investasi di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan peringkat ekonomi terbesar ke 14 di dunia,” tutur Suhail usai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wakil Presiden di Jakarta, Jumat (7/5).

Ia menjelaskan UAE akan meningkatkan nilai bisnis dengan Indonesia serta meningkatkan perdagangan bilateral dan investasi di Indonesia. Dari pertemuannya dengan Wapres Jusuf Kalla, ia mengungkapkan keduanya tengah membahas banyak project yang menarik baik itu sektor energi, properti, pariwisata dan sektor sektor lainnya.

Suhail mengungkapkan saat ini sejumlah delegasi dari UAE telah mengunjungi sejumlah kementerian terkait untuk mendapatkan informasi terkait peluang investasi di Indonesia. Ia berharap informasi yang diperoleh bisa mendorong investasi dari UEA ke Indonesia.

Baca juga: JK Terima Kunjungan Menteri Energi dan Industri Uni Emirat Arab

Pada kesempatan yang sama Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan meski belum ada kesepakatan namun dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas rencana peningkatan hubungan kedua negara dan investasi di Indonesia. 

Jusuf Kalla menyebut kunjungan tersebut juga dalam rangka mempersiapkan kedatangan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan.

Sebagaimana diketahui sejumlah delegasi UEA telah mengunjungi sejumlah kementerian di Indonesia terkait penjajakan investasi di Indonesia. Misalnya saja Otoritas Investasi Abu Dhabi (Abu Dhabi Investment Authority/ADIA) yang menjajaki peluang investasi dengan mendatagi Kementerian BUMN.

Kehadiran rombongan Uni Emirat Arab merupakan bagian dari rangkaian rencana kunjungan kenegaraan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan yang juga Deputy Supreme Commander of the UAE Armed Forced ke Indonesia pada minggu ketiga Juli mendatang. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More