Jumat 05 Juli 2019, 09:41 WIB

TPSA Bantu Dorong Ekspor ke Amerika Utara

Andhika Prasetyo | Ekonomi
TPSA Bantu Dorong Ekspor ke Amerika Utara

Antara
Ilustrasi

 

TRADE and Private Sector Assistance (TPSA) yang merupakan program kolaborasi Kementerian Perdagangan dan Global Affairs Canada (GAC), selama periode 2015-2019, telah menghasilkan dampak positif. Dari program tersebut, muncul 15 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) yang kini mampu memproduksi komoditas level dunia sekaligus memasarkan barang mereka ke pasar Amerika Utara.

Setidaknya, selama program berjalan peningkatan ekspor di tiga komoditas unggulan yakni pakaian jadi, alas kaki dan kopi ke pasar tersebut mencapai US$4,8 juta.

"Melalui pembinaan yang intensif, para UKM binaan TPSA Project berhasil masuk ke pasar Kanada dan meningkatkan ekspor mereka. Kami harap hasil baik ini akan terus berlanjut sebingga bisa mendorong peningkatan hubungan perdagangan Indonesia dan Kanada ke depan," ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan Arlinda melalui keterangan resmi, Jumat (5/7).

Field Director TPSA Project Gregory Elms pun mengaku senang dengan capaian positif dari program yang diadakan.

"Keberhasilan pelaksanaan TPSA Project ini merupakan bentuk koordinasi dan kolaborasi kedua negara. Sehingga dapat memberikan dampak positif yang signifikan kepada pelaku usaha di Indonesia," ujarnya.

baca juga: Hari Ini Prambanan Jazz Festival Mulai Digeber

TPSA Project adalah proyek yang didanai pemerintah Kanada melalui GAC yang dilaksanakan the Conference Board of Canada selama lima tahun.

Tujuan proyek tersebut ialah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi melalui intensifikasi perdagangan dan investasi dengan mendorong perdagangan antara Indonesia dan Kanada. Selain itu, juga untuk meningkatkan peluang dan kemitraan investasi dan perdagangan yang berkelanjutan untuk kedua negara. (OL-3)

 

Baca Juga

DOK: SINARMAS LAND

Sinar Mas Land Siapkan Bantuan 25.000 Alat Uji Covid-19

👤RO 🕔Selasa 07 April 2020, 21:10 WIB
Puluhan ribu rapid test kit tersebut rencananya diserahkan ke Kementerian Kesehatan sebanyak 12.500 alat dan sisanya ke sejumlah pemerintah...
Antara

Menteri PUPR Bakal Minta Relaksasi Pembayaran Kewajiban Jalan Tol

👤Antara 🕔Selasa 07 April 2020, 20:49 WIB
Jalan tol mengalami penurunan sekitar 40 sampai dengan 60 persen dari LHR pada hari-hari...
Antara

Pemerintah Percepat Program Padat Karya Tunai

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 07 April 2020, 20:08 WIB
Kementerian Koordinator Perekonomian tengah menyiapkan sejumlah program guna melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus korona...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya