Kamis 04 Juli 2019, 21:35 WIB

Dharma Wanita BKKBN Maksimalkan Dukungan Program KKBPK

Denny Susanto | Nusantara
Dharma Wanita BKKBN Maksimalkan Dukungan Program KKBPK

MI/Denny S
Sekretaris Utama BKKBN, Nofrijal, dan Ketua DWP BKKBN, Dwikisworo Hasto Wardoyo, saat membuka acara di Banjarmasin, Kamis (4/7).

 

DHARMA Wanita Persatuan (DWP) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) se-Indonesia sepakat terus mendukung program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dari pemerintah.

Dukungan dan komitmen DWP BKKBN terhadap program KKBPK menjadi tema dalam seminar yang berlangsung di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (4/7). Seminar ini dihadiri Sekretaris Utama BKKBN, Nofrijal, dan Ketua DWP BKKBN, Dwikisworo Hasto Wardoyo.

Nofrijal menyebut, Dharma Wanita mengambil peran yang sangat strategis dalam kesejahteraan dan ketahanan sebuah keluarga. Dalam relasi keluarga, peran wanita menjadi sentral karena kualitas hidup wanita/perempuan juga akan memberikan pengaruh besar pada ketahanan keluarga.

Jika kualitas hidup perempuan tinggi, kuat pula ketahanan keluarga. Dan sebaliknya, jika kualitas hidup perempuan rendah, rapuh juga ketahanan keluarga.

"Sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, sudah selayaknya Dharma Wanita Persatuan memiliki standing position dan mengambil peran strategis dalam konstelasi pembangunan nasional," ungkapnya.


Baca juga: Kualitas SDM Perhotelan Indonesia Ditingkatkan


Nofrijal juga menyinggung terkait ajakan 'Kembali ke Meja Makan' untuk memperkuat keluarga di seluruh Indonesia. Program ini, kata dia, sudah diluncurkan sejak empat bulan lalu oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga dan pihaknya memberikan masukan.

Menurutnya, pendekatan yang bisa merekatkan keluarga antara orangtua dan anak adalah komunikasi.

Pada kesempatan itu, Ketua DWP BKKBN, Dwikisworo, menyatakan pentingnya peran strategis perempuan dalam aspek pembangunan. Perempuan bisa mengaktualisasikan dirinya dalam banyak hal sesuai dengan program prioritas yang ditetapkan yaitu pendidikan, ekonomi, dan kesehatan.

"Untuk itu program peningkatan kualitas dan pengembangan wawasan untuk pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan perlu diperluas lagi," katanya.

Pada bagian lain, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, membuka pameran dan gelanggang dagang yang digelar di halaman Sekretariat Daerah Pemprov Kalsel di Banjarbaru. Pameran dan gelanggang dagang ini merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Keluarga Nasional ke-26 di Kalsel. Puncak peringatan Harganas akan berlangsung, Sabtu (6/7), di Banjarbaru. (OL-1)

Baca Juga

MI/MOAT ANGGA

Sikka Bangun 14 Ruang Isolasi Termasuk untuk Bayi Positif Korona

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:15 WIB
Untuk mengantisipasi membludaknya pasien, sambung dia, Pemkab Sikka tengah membangun 14 ruangan isolasi di 14 puskesmas rekanan yang...
Mi/Martinus Solo

Tim Gabungan Gelar Patroli Malam di Laut Sorong

👤Martinus Solo 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 13:00 WIB
Patroli dilakukan guna mengantisipasi kemungkinan penyebaran pandemi covid-19 di Kota Sorong melalui laut oleh nelayan dan masyarakat yang...
MI/Djoko Sardjono

Terdampak Covid-19, Pekerja di Objek Wisata Klaten Dapat Bantuan

👤Djoko Sardjono 🕔Sabtu 30 Mei 2020, 12:15 WIB
Para pekerja di lingkungan objek wisata yang terkena dampak pandemi Covid-19, seperti tukang parkir, pedagang, satpam, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya