Kamis 04 Juli 2019, 09:08 WIB

KPU Palu Tunda Penetapan Caleg DPRD Palu Terpilih

KPU Palu Tunda Penetapan Caleg DPRD Palu Terpilih

Antara
KPU Palu

 

KOMISI Pemilihan Umum Palu menunda penetapan perolehan kursi dan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu terpilih periode 2019-2024.    

"KPU menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih hasil pemilu paling lambat lima hari setelah diterbitkannya surat KPU RI, yang menjelaskan bahwa KPU RI telah menerima surat panitera Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai daftar daerah yang terdapat permohonan PHPU (Perselisihan Hasil Pemilihan Umum)," kata Ketua KPU Palu Agussalim Wahid dalam rapat pleno penetap perolehan kursi dan caleg DPRD Palu terpilih di salah satu hotel di Palu, Rabu (3/7) malam.

Namun sampai sekarang KPU belum menerima surat dari MK perihal daftar daerah yang terdapat PHPU.Ia tidak ingin setelah KPU Palu menetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih, timbul perselisihan dan protes, baik dari partai politik peserta pemilu maupun dari caleg yang tidak terpilih.    

Sehingga ia memilih menunda rapat pleno tersebut sampai batas waktu yang belum ditentukan. Atau hingga KPU menerima data rekapitulasi daftar daerah yang terdapat permohonan PHPU dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).  

baca juga: Karyawan Krakatau Steel masih Berdemo

"Pernah kejadian di salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah ada caleg yang sudah ditetapkan sebagai caleg terpilih oleh KPU setempat. Namun setelah BRPK terbit ada gugatan terhadap dia," ujarnya.

Atas insiden itu, KPU Palu meminta agar perwakilan parpol dan caleg terpilih yang hadir agar memaklumi hal tersebut.  (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More