Kapal Cepat Rudal

Penulis: Caksono / Golda Eksa Pada: Rabu, 03 Jul 2019, 19:47 WIB Infografis
Kapal Cepat Rudal

Foto: palindomarine.co.id/ Grafis: CAKSONO
infografis

KAPAL cepat rudal (KCR) atau kapal pemburu kelas 60 meter dengan postur ramping dinilai sebagai alat utama sistem pertahanan (alutista) yang paling cocok untuk mengamankan wilayah perairan, khususnya di negara kepulauan seperti Indonesia.

Hal itu dikemukakan Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan Brigjen Totok Sugiharto kepada wartawan di galangan kapal milik PT PAL Indonesia di Surabaya, Rabu (3/7). PT PAL merupakan BUMN yang ditunjuk untuk membuat kapal canggih tersebut.

Baca Juga : Kapal Cepat Rudal Solusi Pengamanan Negara Kepulauan

Menurut dia, saat ini TNI AL memiliki 4 KCR yang sudah dioperasikan oleh Komando Armada I di Jakarta dan Komando Armada II di Surabaya. Bahkan, Kementerian Pertahanan pada Maret lalu kembali memesan 2 armada serupa dari PT PAL yang kemungkinan akan mengisi kekuatan Komando Armada III di Sorong, Papua.

"Kapal ini sesuai dengan situasi lingkup di kepulauan. Itu akan lebih dipersenjatai dengan lengkap. Jadi negara kepulauan dengan kapal yang cepat, memenuhi target sesuai TNI AL, ini sangat ideal untuk negara kita," ujarnya.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More