Rabu 03 Juli 2019, 15:15 WIB

Menkopolhukam Tuntut Pemkab Berinovasi dan Berkolaborasi

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Menkopolhukam Tuntut Pemkab Berinovasi dan Berkolaborasi

ANTARA/Sigid Kurniawan
Menkopolhukam Wiranto

 

MENTERI Koordinator Politik dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengimbau para bupati agar gencar melakukan inovasi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Pesan itu disampaikan Wiranto di hadapan ratusan bupati yang menghadiri acara pembukaan pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Ekspo yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (3/7).

"Pameran ini sangat bagus dan tepat. Pertama sebagai ajang tereksposnya inovasi daerah ke mata publik dan dunia. Kedua, pameran ini juga bisa menjadi ajang antar daerah dalam memberikan inspirasi," ungkap Wiranto.

Wiranto melanjutkan, penerapan otonomi daerah memiliki dampak positif pada keleluasaan pemerintah daerah khususnya kabupaten dalam melakukan inovasi. Inovasi yang dilakukan tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan potensi kekuatan ekonomi di tiap kabupaten.

Salah satu cara inovasi, kata Wiranto, ialah setiap kabupaten bisa melakukan kolaborasi dan bekerja sama dengan kabupaten lain.

"Bisa saling mengisi, mengajar, dan mengombinasikan kekhasan daerah itu sehingga menjadi satu produk nasional yang luar biasa," ungkapnya.

Baca juga: Menkopolhukam Akan Tindak Tegas Penyebar Wacana Referendum

Dalam kesempatan tersebut, Wiranto juga menyampaikan pesan Presiden Jokowi kepada para bupati.

Disampaikan oleh Wiranto, Presiden berpesan bahwa saat ini dunia mengalami perubahan yang sangat cepat. Revolusi industri telah membawa perubahan besar hampir disetiap sisi kehidupan termasuk pemerintahan.

"Presiden berharap inovasi yang dipamerkan dalam Apkasi Ekspo 2019 harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekarang kalau pemasaran tanpa e-commerce, tanpa ada satu usaha lewat digital saya kira juga akan ketinggalan," ungkapnya.

Wiranto melanjutkan, setiap daerah juga diharapkan fokus mengembangkan potensi produk unggulan mereka masing-masing. Produk unggulan tersebut diharapkan mampu menjadi komiditas yang bisa diterima di pasar nasional maupun global.

"Dari hasil pengamatan saya sekilas sudah banyak inovasi produk baru yang bisa kita jual ke pasar global," ungkap Wiranto.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Apkasi Mardani H Maming menjelaskan Apkasi Expo 2019 diselenggarakan dengan tujuan untuk mempromosikan komoditi keunggulan daerah sekaligus menawarkan peluang investasi yang dibutuhkan para investor.

Tema yang diangkat dalam Apkasi Expo 2019 kali ini ialah kemitraan bisnis untuk peningkatan ekonomi lokal berkelanjutan.

"Apkasi Otonomi Expo diharapkan akan berdampak positif bagi percepatan pertumbuhan ekonomi dan terbukanya lapangan pekerjaan disetiap daerah Indonesia," ungkap Mardani.

Apkasi Otonomi Expo 2019 akan berlangsung selama 3 hari di JCC Senayan hall A dan B hingga 5 Juli mendatang.

Kegiatan Apkasi Otonomi Expo dari tahun ke tahun dikunjungi tidak kurang dari 15.000 orang. Pameran ini memamerkan potensi komoditas produk unggulan yang ada di ratusan kabupaten di Indoensia. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More