Selasa 02 Juli 2019, 22:35 WIB

Kemenkeu Sebut Lapindo Baru Bayar Utang Rp5 Miliar

Nur Aivanni | Ekonomi
Kemenkeu Sebut Lapindo Baru Bayar Utang Rp5 Miliar

Antara/Umarul faruq
Warga korban Lumpur Lapindo berziarah di lokasi lumpru Lapindo

 

DIREKTUR Jenderal Kekayaan Negara Kementerian keuangan Isa Rachmatawarta menegaskan, pihaknya tetap meminta kepada Lapindo Brantas Inc dan PT Minarak Lapindo Jaya untuk memenuhi kewajiban-kewajibannya dalam membayar kembali dana pinjaman sebagaimana yang tertuang dalam perjanjian antara pemerintah dan kedua pihak pada tahun 2015.

Dari utang pokok sebesar Rp731 miliar. Lapindo Brantas Inc. dan PT. Minarak lapindo Jaya kini baru membayar Ro5 miliar pada Desember 2018.

"Kementerian Keuangan sampai saat ini tetap meminta Lapindo Brantas Inc dan Minarak Lapindo Jaya untuk memenuhi kewajiban-kewajibannya membayar kembali dana pinjaman tersebut," kata Isa dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI di ruang Komisi XI, Gedung Nusantara I, Jakarta, Selasa (2/7).

Adapun terkait pembayaran utang melalui skema set off atau perjumpaan utang, Isa menyampaikan, hal tersebut sudah disampaikan oleh SKK Migas sebelumnya.

Baca juga : Pemerintah Setujui Lapindo Kelola Lagi Blok Brantas

"SKK Migas mengatakan bahwa cost recovery hanya dapat diperhitungkan dari pendapatan yang diperoleh oleh perusahaan tersebut dari production sharing contract yang sama," tuturnya.

Adapun untuk memenuhi kewajiban-kewajiban berdasarkan perjanjian, lanjut Isa, pihaknya terus mendorong Lapindo untuk mensertifikasi tanah-tanah yang dibelinya dari masyarakat.

Saat ini, kata dia, sudah ada penyerahan sertifikat tanah terutama yang di daerah tanggul seluas kurang lebih 44-45 hektar kepada Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Dan juga sedang berlangsung proses sertifikasi tanah di daerah lain yang terdampak untuk area 44-45 hektare yang lain. Mengenai apakah tanah-tanah itu sudah mencukupi atau tidak? Itu mesti melalui audit," tandasnya. (OL-7)

Baca Juga

Bank Dunia/Tim Riset MI-NRC

Peningkatan Status Perkuat Kepercayaan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:50 WIB
Kenaikan status juga merupakan tahapan strategis dan landasan kukuh menuju target Indonesia Maju di...
Dok. Uniqlo

Uniqlo Luncurkan Panduan Gaya Hijab

👤MI 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:45 WIB
PERUSAHAAN fesyen asal Jepang, Uniqlo Indonesia, untuk pertama kalinya akan meluncurkan panduan gaya pakaian modest bagi para...
ANTARA

Siasati Diet Plastik Saat Berbelanja

👤Gana Buana 🕔Jumat 03 Juli 2020, 03:15 WIB
KEBIJAKAN pelarangan kantong plastik pada sejumlah toko, baik retail, supermarket, maupun pasar rakyat, mulai diberlakukan di sejumlah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya