Selasa 02 Juli 2019, 22:29 WIB

Pertamina Masih Hitung Penurunan Harga Avtur

Andhika prasetyo | Ekonomi
Pertamina Masih Hitung Penurunan Harga Avtur

Antara/ARIF FIRMANSYAH
Sejumlah pesawat dari berbagai maskapai penerbangan berada di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makasar, Sulawesi Selatan

 

PT Pertamina mengaku masih menghitung berapa besar biaya avtur yang bisa diturunkan demi menekan harga tiket pesawat terbang untuk kategori maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC).

"Peluang turun dimungkinkan. Sekarang masih kami review," ujar VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman kepada Media Indonesia, Selasa (2/7).

Sebelumnya, perseroan telah melakukan penyesuaian harga jual avtur yang berlaku pada 16 Februari 2019.

Baca juga: Tiket Murah Pesawat Terbatas, JK: Kalau Beraku Umum Bisa Bangkrut

Harga baru tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 17/2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis Avtur yang Disalurkan Melalui Depot Pengisian Pesawat Udara.

Berdasarkan ketentuan itu, harga avtur untuk bandara Soekarno Hatta Cengkareng mengalami penurunan dari sebelumnya Rp8.210 per liter menjadi Rp7.960 per liter.

Harga itu lebih rendah sekitar 26% dibandingkan harga avtur di Bandara Changi Singapura yang mencapai Rp 10.769 per liter per 15 Februari 2019.Saat ini pun, harga avtur di Cengkareng kembali turun menjadi Rp7.920 per liter. "Kami secara rutin melakukan evaluasi dan penyesuaian harga avtur secara periodik, sebanyak dua kali dalam sebulan," tuturnya.

Penyesuaian dilakukan dengan mempertimbangkan rata-rata harga minyak dunia, nilai tukar rupiah dan faktor-faktor lainnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More