Senin 01 Juli 2019, 20:30 WIB

BNPT Perkuat Kerja Sama dengan Badan Antiteror Jerman

mediaindonesia.com | Internasional
BNPT Perkuat Kerja Sama dengan Badan Antiteror Jerman

Ist
Kepala BNPT, Suhardi Alius, menerima kunjungan Wakil Presiden BKA, Michael Kretschmer, di Kantor BNPT, Jakarta, Senin (1/7).

 

UPAYA kerja sama penanggulangan terorisme yang dilakukan Pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Pemerintah Jerman melalui Badan Anti-terornya (The Bundeskriminalamt/BKA) semakin diintensifkan.

Apalagi dengan melihat upaya penanggulangan terorisme selama ini, BNPT akan mengirimkan tenaga ahli ke BKA Jerman guna berbagi pengalaman dalam menangani masalah terorisme  

Hal ini terlihat saat Kepala  BNPT, Suhardi Alius, menerima kunjungan Wakil Presiden BKA, Michael Kretschmer, di Kantor BNPT, Jakarta, Senin (1/7).

"Selama ini  kita sudah lama bekerja sama dengan pihak BKA dan kita akan saling tukar menukar ekspertise atau tenaga ahli kita untuk memberikan sharing information kepada Jerman untuk memberikan masukan dalam rangka penanggulangan terorisme yang sudah kita jalani," ujar Suhardi usai pertemuan tersebut.

Lebih lanjut Kepala BNPT menjelaskan, hal ini disebabkan Jerman juga menghadapi masalah kontraterorisme yang cukup signifikan juga, yang mana salah satu contoh di mana ada 1.000 lebih Foreign Terrorist Fighter (FTF) yang berada di Jerman.

"Untuk itu kita ingin memberikan pengalaman kita kepada Jerman dalam menangani FTF ini. Dan kita akan selalu berhubungan dalam masalah penanggulangan terorisme ini untuk kebaikan antarkedua negara ini," ungkap mantan Kabareskrim Polri ini.

Selain mengirimkan tenaga ahli, lanjut Suhardi, BNPT dan BKA akan mengadakan seminar internasional yang akan dihadiri oleh seluruh dunia termasuk Indonesia.

"Dan nanti yang jadi host adalah pihak Jerman dan Indonesia sebagai co-host. Tentunya ini untuk kebaikan semuanya," ucapnya.

Ia pun berharap kerja sama dengan BKA dapat terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurutnya, kerja sama dengan BKA merupakan suatu program yang luar biasa, apalagi kedua belah pihak juga sudah saling berkunjung sebelumnya.

"Dan dalam tempo singkat saja kita sudah saling berkunjung, saya ke sana (BKA) dan beliau sudah dua kali ke Indonesia, di mana Kretschmer ini sudah melihat juga pusat deradikalisasi kita di Sei Mencirim (Deli Serdang) Sumatra Utara," imbuh Suhardi.


Baca juga: Teror Suhu Panas masih Melanda Eropa


Ini merupakan kunjungan kedua BKA ke Indonesia dan langsung datang ke Jakarta, yang mana sebelumnya BKA langsung mengunjungi pusat deradikalisasi di Sei Mencirim.

"Kretschmer ingin melihat kantor kita karena saya juga sudah melihat kantor beliau (di Jerman) dan saat hari ini beliau datang di Jakarta beliau juga ingin melihat kantor saya yang ada di Jakarta. Dan dalam kesempatan yang akan datang nanti beliau juga akan kita ajak juga ke kantor kita yang ada di Sentul," pungkasnya.

Sementara itu Vice-President BKA, Michael Kretschmer, mengatakan bahwa kunjungannya ke BNPT untuk melakukan penyusunan kerja sama lebih lanjut dalam lingkup penanggulangan dan pencegahan terorisme.

"Selama ini Indonesia memiliki pendekatan yang baik dalam hal ini, khususnya BNPT. Dan tentunya penting bagi kami untuk memiliki hubungan kerja sama dan rasa persaudaraan yang baik bersama BNPT," ucap Kretschmer.

Ia mengatakan bahwa selama ini dirinya melihat kinerja BNPT dalam upaya untuk penanggulangan terorisme sangat baik.

"Sebagaimana yang saya dengar dari perwakilan saya di Jakarta, BNPT memiliki polisi, penegak hukum yang profesional, organisasi dan badan yang baik juga," ucap Kretschmer .
Untuk itu menurut Kretschmer, dengan melihat kinerja BNPT yang baik dalam upaya penanggulangan terorisme itu dirinya  berharap hubungan antara BKA dan BNPT bisa terjalin dengan  sangat baik.

"Kami mencoba untuk membuat kerja sama ini lebih baik dan kami yakin akan bisa mencapai lebih baik lagi kedepannya," katanya mengakhiri.

The Bundeskriminalamt (BKA) Jerman merupakan instansi yang mengoordinasikan kerja sama dan menyelidiki kejahatan terorganisasi internasional, terorisme dan lainnya yang berkaitan keamanan nasional. BKA kini terus berupaya memperkuat investigasi potensi terorisme berskala internasional, salah satunya dengan menggandeng BNPT. (RO/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More