Selasa 02 Juli 2019, 19:42 WIB

JK: Oposisi Dibutuhkan Pemerintah

Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum
JK: Oposisi Dibutuhkan Pemerintah

Antara Foto/WAHYU PUTRO A
Wakil Presiden Jusuf Kalla

 

WAKIL Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan meski tidak ada aturan tertulisnya, oposisi merupakan pihak yang bertugas untuk mengkritisi pemerintah.

Menurut JK, dengan fungsi tersebut diharapkan akan ada keseimbangan dalam pemerintahan melalui check and balance. “Pemerintah juga butuh kritik. Di samping oposisi juga, partai pemerintah juga kadang mengkritik di DPR,” tutur Jusuf Kalla.

Terkait dengan pemerintahan Jko Widodo - Ma'ruf Amin, JK mengatakan bahwa dukungan partai di parlemen sebesar 60% yang merupakan partai-partai koalisi pengusung pada pilpres 2019 kemarin menempatkan posisi pemerintah berikutnya pada posisi aman.

Akan tetapi Jusuf Kalla juga mengingatkan bahwa meski dukungan parlemen nantinya mencapai 60% terkadang partai politik pendukung pemerintah juga tetap memberikan kritik kepada pemerintah dan tidak harus oposisi semata. Bagi Jusuf Kalla hal tersebut justru baik demi pemerintahan itu sendiri. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More