Selasa 02 Juli 2019, 19:00 WIB

Peternak Ayam Bersyukur Harga Mulai Naik

mediaindonesia.com | Advertorial
Peternak Ayam Bersyukur Harga Mulai Naik

Dok Kementan
Peternakan ayam

"ALHAMDULILLAH, harga di Bogor sudah Rp17.000 tergantung lokasi dan hari ini dicoba menuju ke Rp18.000," kata Wakil Sekjen Perhimpunan Peternakan Unggas Nusantara (PPUN) Alvino.

Sementara Parjuni, Ketua Pinsar Jawa Tengah menyampaikan harga livebird/LB di Jateng sudah mencapai harga Rp17.000-Rp18.000.

Munawir peternak ayam broiler dari Pasuruan, Jawa Timur, menyatakan harga LB terus membaik, saat ini sudah mencapai Rp. 17.000

"Terima kasih saat ini harga sudah membaik, kami sudah bisa bernafas. Mudah-mudahan dengan program-program lanjutan akan menjadi lebih baik lagi perunggasan di Indonesia."

Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementerian Pertanian (Kementan), Sugiono menjelaskan kenaikan ayam potong di tingkat peternak yang berlangsung sejak tiga hari lalu tidak akan berpengaruh pada kondisi harga ayam daging di tingkat konsumen.

"Tidak ada pengaruhnya karena harga ayam hidup di peternak sama harga daging di konsumen. Itu beda acuan," ujar Sugiono, Selasa (2/7).

Baca juga: Langkah Jitu Kemendag, Serap Ayam Peternak

Sugiono mengatakan, sebaiknya masyarakat tak perlu khawatir dengan kenaikan yang terjadi pada ayam potong di tingkat peternak. Sebaliknya, semua pihak harus bisa menjaga kondisi ini agar bertahan selama mungkin.

"Kalau bisa kenaikan ini terkendali supaya kesejahteraan peternak juga meningkat dan konsumen senang. Kalau harga di pasaran harus stabil terus. Itulah yang kita harapkan bersama," katanya.

Di sisi produksi, kata Sugiono, tiga provinsi di pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah masih mendominasi usaha peternakan ayam rakyat. Dari tiga daerah ini, populasi ayam terus surplus hingga harus dilakukan pengiriman ke daerah lain.

"Tapi sekarang di luar pulau Jawa, seperti di Papua, Kalimantan, dan daerah lain juga mulai menunjukkan perkembangan ternak yang sangat baik. Tentu ke depan wilayah lain juga menjadi sentra demi terwujudnya pemerataan," katanya. (X-15)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More