Selasa 02 Juli 2019, 19:00 WIB

KPPPA Masih Hadapi Pendisiplinan Berbasis Kekerasan

Sri Utami | Humaniora
KPPPA Masih Hadapi Pendisiplinan Berbasis Kekerasan

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/am
Sekretaris KPPPA Pribudiarta Nur Sitepu

 

BUDAYA mendidik dengan menggunakan unsur kekerasan masih mendarah daging dalam dunia pendidikan. Hal tersebut menjadi pekerjaan besar yang harus dituntaskan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA).

Sekretaris KPPPA Pribudiarta Nur Sitepu mengatakan cara mendidik yang dilakukan guru dan orangtua masih berbasis kekerasan. Padahal guru merupakan tonggak utama dalam melindungi serta menjauhkan anak dari tindak kekerasan yang masih banyak terjadi di dunia pendidikan.

"Yang menjadi tantangan terbesar adalah mengubah pola pikir (mindset) bahwa pen-disiplinan yang dilakukan oleh guru dan orangtua tidak boleh berbasis kekerasan. Peribahasa di ujung rotan ada emas atau intan sudah tidak boleh lagi dalam budaya pendidikan," ujar Pribudiarta saat dihubungi, Selasa (2/7).

Baca juga: KPPPA Segera Bahas lagi RUU PKS

Kekerasan yang banyak terjadi di lingkungan sekolah paling banyak terjadi di sekolah dasar. KPPPA terus mendorong dilakukan berbagai upaya pencegahan dengan mengedepankan peran guru sebagai pendidik dan pengasuh.

"Guru wajib memerankan (sebagai pelindung) di samping sebagai pendidik juga pengasuh," imbuhnya.

Meski mengedepankan fungsi guru, anak juga harus dikenalkan dengan pemahaman hak anak serta dilatih keterampilan dalam melindungi diri dari berbagai kasus dan gejala pelanggaran hak anak di lingkungan pendidikan. Organisasi juga berfungsi untuk mengembangkan dan sebagai penguat perlindungan sesama siswa.

"Dengan peningkatan peran anak, guru dan sekolah yang ramah anak diharapkan kasus-kasus di lingkungan sekolah dapat dicegah atau diminimalisir," tuturnya.

Tantangan lain yang juga dihadapi yakni mendorong kepedulian semua pihak terkait pemahaman kekerasan sebagai perbuatan tidak berbudaya dan menjadi kewajiban setiap orang untuk mencegahnya.

"Pendisiplinan harusnya berbasis pendidikan menjadi contoh baik yang harus dilakukan oleh orangtua dan guru," tandasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More