Selasa 02 Juli 2019, 17:49 WIB

Kolaborasi Bisa Jadi Solusi Pangkas Biaya Penerbangan

Andhika prasetyo | Ekonomi
Kolaborasi Bisa Jadi Solusi Pangkas Biaya Penerbangan

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
PRESIDEN Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin

 

PRESIDEN Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan ada banyak biaya yang bisa dipangkas perusahaan-perusahaan terkait industri penerbangan demi menekan harga tiket pesawat terbang.

Dari pihaknya, Awaluddin bersedia mengurangi biaya pendaratan (landing fee), biaya parkir (parking fee), biaya garbarata (aviobridge fee), dan biaya counter check-in. Dari empat komponen biaya pembentuk harga tiket itu, parking fee dan landing fee adalah yang paling besar.

"Nanti beberapa persen potongan kita berikan dari tarifnya itu," ujar Awaluddin kepada Media Indonesia, Selasa (2/7).

Namun, ia menyebut, akumulasi biaya dari seluruh jasa kebandarudaraan berkontribusi kecil terhadap pembentukan harga tiket yakni hanya sekitar 5%.

Maka dari itu, ia mengatakan ada upaya lain yang bisa dilakukan yakni dengan menerapkan penggunaan bersama platform operasi seperti ground handling yang meliputi penanganan penumpang, bagasi, dan kargo.

Jika pengoperasian itu bisa dikonsolidasikan antara maskapai dan pengelola bandara, ia memprediksi akan tercipta efisiensi biaya yang cukup untuk membantu meringankan beban.

Efisiensi juga bisa dilakukan dengan kolaborasi sumber daya manusia (SDM).

Sebagai contoh ialah customer service yang sama-sama dimiliki pengelola bandara dan maskapai. Untuk memangkas biaya operasional, CS bisa dikolaborasikan sehingga tidak menimbulkan akumulasi biaya yang besar.

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono menjabarkan biaya avtur menjadi kontributor terbesar dalam pembentukan harga tiket yakni mencapai 30%. Diikuti biaya penyewaan pesawat (leasing) sebesar 24%, perawatan dan penyediaan suku cadang (sparepart & maintenance) 20%, pengelolaan SDM 16%, passenger service charge sekitar 6% dan jasa kebandarudaraan 5%. (A-3)

Baca Juga

Dok pribadi

Airlangga Beberkan Keberhasilan Relaksasi KUR UMKM selama Pandemi

👤RO/Micom 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:22 WIB
14 penyalur KUR fasilitas bantuan yang diberikan oleh pemerintah telah dimanfaatkan cukup signifikan oleh...
Ist

Water Heater Kangaroo Hadir untuk Alternatif Kebutuhan Air Hangat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:55 WIB
Dengan hadirnya water heater dari Kangaroo diharapkan dapat berkontribusi untuk pemenuhan kebutuhan standar masyarakat...
Ilustrasi/Medcom

Financial Planner : Saat Covid-19 Harus Bijak Rencana Pembiayaan

👤Deri Dahuri 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:36 WIB
Financial planner dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie menasihati keluarga muda harus mulai bisa mengesampingkan pengeluaran yang tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya