Selasa 02 Juli 2019, 10:53 WIB

Cegah Hepatitis A, Pesantren Dipantau

Kristiadi | Nusantara
Cegah Hepatitis A, Pesantren Dipantau

Antara
Ilustrasi

 

UNTUK memutus mata rantai penyebaran penyakit Hepatitus A seperti terjadi di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat menginstruksikan ke setiap puskesmas untuk langsung ke lapangan. Khususnya di pesantren-pesantren.

Pelaksana tugas Kepala Dinkes Kabupaten Tasikmalaya, Faisal Soeparyanto mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan agar masing-masing puskesmas untuk turun langsung ke lapangan guna mengantisipasi penyebaran hepatitis A saat musim kemarau.

"Semua petugas sudah bergerak ke pesantren atau di satu kampung untuk mewaspadainya. Pada umumnya penyebaran penyakit hepatitis terjadi di kumpulan massa berawal dari air liur dan keringat. Semuanya itu harus diwaspadai. Hingga saat ini belum ada laporan adanya warga mengidap hepatitis A," kata Faisal, Selasa (2/7).

Dia menambahkan penyakit yang umum muncul di saat kemarau adalah diare dan ispa. Dengan adanya penyakit hepatitis A, Faisal mengatakan pihaknya sudah mengantisipasinya, terutama di pesantren-pesantren.

"Antisipasi harus dilakukan ke setiap pesantren agar penyakit itu bisa dicegah. Saat ini yang mulai bermunculan adalah penyakit flu dan batuk," tambahnya.

Pada kesempatan sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dengan menjalan pola hidup sehat. Menurunnya debit air di sejumlah daerah bisa memicu terjadinya berbagai penyakit, seperti gatal-gatal, diare dan ispa.

baca juga: Bali Hadapi Krisis Air Bersih

"Termasuk Hepatitis A ini. Kami minta setiap puskesmas melakukan pengecekan secara berkala, agar tidak terjadi kejadian luar biasa Hepatitis A dan penyakit lainnya," kata Ivan. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/M Irfan

PT SER Laporkan Penghambat Investasi ke Polda Jawa Timur

👤Henri Siagian 🕔Jumat 03 Juli 2020, 18:34 WIB
Dia mengakui, pihak SER sudah setahun terakhir telah mendesak Bupati Bojonegoro untuk segera merealisasikan pembagian dividen dan...
MI/Yohanes Manasye

Didemo Mahasiswa, Bupati Lanjutkan Izin Pabrik Semen

👤Yohanes Manasye 🕔Jumat 03 Juli 2020, 17:06 WIB
Ketua PMKRI Ruteng Hendrikus Mandela meminta Pemkab Manggarai Timur untuk mengembangkan pariwisata alam dan...
Dok Pribadi

Bupati Manggarai Timur Akui Pabrik tidak Pekerjakan Seluruh Warga

👤Yohanes Manasye 🕔Jumat 03 Juli 2020, 17:03 WIB
Agas mengatakan pihaknya akan meminta pihak perusahan agar persentase pekerja pabrik semen tersebut 70-30. Namun ia tak menjelaskan apakah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya