Selasa 02 Juli 2019, 03:40 WIB

BI Percepat UMKM Manfaatkan PlatformDigital

(E-3) | Ekonomi
BI Percepat UMKM Manfaatkan PlatformDigital

MI/PANCA SYURKANI
Seorang polisi berdiri di dekat logo Bank Indonesia di Gedung C Bank Indonesia (BI), Jalan MH Thamrin

 

BANK Indonesia (BI) mempercepat upaya penciptaan aktivitas ekonomi baru melalui pengembangan produk unggulan daerah untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melalui pasar internasional dan memanfaatkan platform di­gital (marketplace). Hal itu sebagai wujud nyata dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Untuk mendukung hal terse­but, BI akan kembali menyeleng­garakan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang keempat kalinya pada Jumat-Minggu, 12-14 Juli 2019, di Exhibition Halla, Jakarta Convention Center (JCC).

Berdasarkan keterangan resmi kemarin, pameran yang bertemakan Mendorong pertumbuhan ekonomi melalui UMKM Go Export dan Go Digital tersebut akan menghadirkan koleksi lengkap kain tradisional batik, tenun, ulos, songket, dan produk turunannya, perhiasan, dan kerajian tradisional serta produk pangan olahan dari UMKM unggulan binaan BI yang tersebar di seluruh Nusantara.

Pengunjung juga dapat menik­mati sajian kuliner Nusantara dan kopi unggulan dari seluruh daerah di Indonesia.

Berbeda dari tahun sebelumnya, KKI 2019 memfasilitasi business matching antara kalangan pelaku UMKM dan lembaga keuangan, marketplace, juga importir/aggregator.

Selain itu, diselenggarakan pu­la parade kain Nusantara produk premium UMKM binaan Bank In­donesia yang berkolaborasi dengan para desainer nasional ternama.

Melalui kegiatan talkshow, workshop, dan business coaching, pengunjung juga dapat mem­per­oleh informasi mengenai prosedur, program, fasilitas, dan kiat-kiat untuk UMKM menembus pasar internasional dan memanfaatkan platform digital dalam pemasaran produk UMKM.

KKI 2019 memberikan kesem­patan kepada UMKM untuk mempromosikan produknya se­cara lebih luas, sekaligus memo­tivasi untuk terus berkreasi menghasilkan produk berkualitas dan bernilai tinggi. (E-3)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Kementan Beri Subsidi Distribusi untuk Jaga Pasokan Pangan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 16:53 WIB
Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi mengatakan, ketahanan pangan harus dijaga baik dari aspek ketersediaan maupun...
DOK KEMENTAN

Kabupaten Semarang Rayakan Puncak Panen Raya Padi April-Mei 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 10 April 2020, 16:48 WIB
Kabupaten Semarang sebagai salah satu lumbung padi di Provinsi Jawa Tengah terus melakukan kegiatan panen padi dengan puncak panen pada...
Ilustrasi

Dampak Korona, Banyak Perusahaan Bertahan 1-3 Bulan Kedepan

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 10 April 2020, 16:07 WIB
Arus kas ada yang satu bulan sampai dengan tiga bulan kedepan, lebih dari itu mereka harus cari stand by...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya