Minggu 30 Juni 2019, 19:25 WIB

Survei Setara: Mahasiswa 5 PTN Cenderung Dukung Privatisasi Agama

Rahmatul Fajri | Humaniora
Survei Setara: Mahasiswa 5 PTN Cenderung Dukung Privatisasi Agama

MI/MOHAMAD IRFAN
Peneliti Setara Institute, Noryamin Aini,

 

PENELITI Setara Institute, Noryamin Aini, mengatakan, mahasiswa di lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) cenderung mendukung isu agama tidak dibawa ke ranah publik dan menginginkan agama berada pada ranah privat.

Noryamin merinci mahasiswa di lima PTN yang cenderung mendukung privatisasi agama, yakni Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

"Kelompok pertama ini cenderung mendukung privatisasi agama," kata Noryamin, ketika konferensi pers di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, Minggu (30/6).


Baca juga: MWA Minta Sivitas Akademika dan Alumni UI Bersinergi Lebih Kuat


Lebih lanjut, Noryamin menjelaskan terdapat mahasiswa di lima PTN lain yang menginginkan agama menjadi ranah publik, yakni UIN Bandung, UIN Jakarta, IPB, Universitas Mataram, dan UGM.

Seperti diberitakan, Setara melakukan survei model beragama mahasiswa dengan 1.000 responden di 10 PTN, yakni Universitas Indonesia (UI), UIN Syarief Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan Universitas Mataram.

Setara melakukan survei di lingkungan kampus untuk mengukur kerangka demoratik. Data yang diperoleh nantinya akan menjadi pijakan untuk mengatasi kecemasan banyak pihak tentang arus balik indoktrinasi Pancasila dan pilihan penanganan yang represif dapat dihindari. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Mensos Instruksikan Gerakan KPM Pegang KKS Sendiri

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 04 Juni 2020, 12:51 WIB
Gerakan KPM Pegang KKS Sendiri dimaksudkan agar KPM bisa mandiri dalam pengambilan bantuan sosial...
DOK KEMENDES

Mendes Pastikan Penyaluran BLT Transparan dan Diawasi Ketat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 04 Juni 2020, 09:22 WIB
Menteri Halim menuturkan, proses penentuan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa itu berjenjang dan melibatkan banyak...
 ANTARA FOTO/Regina Safri

Anggito Bantah Pembatalan Haji Untuk Perkuat Rupiah

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 04 Juni 2020, 06:58 WIB
Anggito  menepis anggapan bahwa pernyataan skema penguatan rupiah dengan dana haji merupakan alasan pemerintah membatalkan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya