Minggu 30 Juni 2019, 19:25 WIB

Survei Setara: Mahasiswa 5 PTN Cenderung Dukung Privatisasi Agama

Rahmatul Fajri | Humaniora
Survei Setara: Mahasiswa 5 PTN Cenderung Dukung Privatisasi Agama

MI/MOHAMAD IRFAN
Peneliti Setara Institute, Noryamin Aini,

 

PENELITI Setara Institute, Noryamin Aini, mengatakan, mahasiswa di lima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) cenderung mendukung isu agama tidak dibawa ke ranah publik dan menginginkan agama berada pada ranah privat.

Noryamin merinci mahasiswa di lima PTN yang cenderung mendukung privatisasi agama, yakni Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Universitas Brawijaya, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

"Kelompok pertama ini cenderung mendukung privatisasi agama," kata Noryamin, ketika konferensi pers di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, Minggu (30/6).


Baca juga: MWA Minta Sivitas Akademika dan Alumni UI Bersinergi Lebih Kuat


Lebih lanjut, Noryamin menjelaskan terdapat mahasiswa di lima PTN lain yang menginginkan agama menjadi ranah publik, yakni UIN Bandung, UIN Jakarta, IPB, Universitas Mataram, dan UGM.

Seperti diberitakan, Setara melakukan survei model beragama mahasiswa dengan 1.000 responden di 10 PTN, yakni Universitas Indonesia (UI), UIN Syarief Hidayatullah, Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, dan Universitas Mataram.

Setara melakukan survei di lingkungan kampus untuk mengukur kerangka demoratik. Data yang diperoleh nantinya akan menjadi pijakan untuk mengatasi kecemasan banyak pihak tentang arus balik indoktrinasi Pancasila dan pilihan penanganan yang represif dapat dihindari. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More