Minggu 30 Juni 2019, 19:00 WIB

Rangkaian HUT Ke-492, Pemprov DKI Gelar Jakarnaval

Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan
Rangkaian HUT Ke-492, Pemprov DKI Gelar Jakarnaval

MI/PIUS ERLANGGA
Ribuan masyarakat menonton pawai bertajuk jakarnaval

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta menggelar Jakarnaval sebagai salah satu rangkaian dari Hari Ulang Tahun ke-492 Kota Jakarta. Kegiatan ini dihadiri sekitar 5.000 peserta.
 
"Peserta Jakarnaval kami perkirakan sekitar 5.000 orang mulai dari parade dan kendaraan hias. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Pariwisata," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Edy Junaedi di Balai Kota, Jakarta, Minggu (30/6).
 
Parade Jakarnaval terdiri atas ondel-ondel, tarian tradisional, Abang None Jakarta, badut akrobat, mobil hias serta komunitas motor gede. Bahkan, ada parade dari perwakilan kedutaan besar di Jakarta.

Iring-iringan karnaval dimulai dari Silang Merdeka Tenggara (depan Balai Kota) menuju Jalan MH Thamrin, berputar di Bangkok Bank (perempatan Sarinah) dan berakhir di kawasan Monumen Nasional. Sedangkan parade motor gede berakhir di Bundaran HI.
 
"Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memberi sambutan nanti di panggung depan sekaligus membuka rangkaian Jakarnaval ini," jelas Edy.
 

Baca juga: Polisi Kembali Buka Akses Jalan Iman Bonjol


Rangkaian Jakarnaval khusus parade budaya dijadwalkan rampung pada pukul 18.00 WIB. Namun, rangkaian lainnya kembali dimulai pada pukul 19.30 WIB.
 
"Pak Anies memberi sambutan lagi dan setelah itu baru panggung gembira dengan sederetan bintang tamu ibu kota," ujarnya.
 
Saat pelaksanaan Jakarnaval 2019, penutupan ruas jalan diberlakukan di Jalan Medan Merdeka Selatan sisi utara dan selatan dan ruas Jalan MH Thamrin sisi timur, mulai pukul 15.00.
 
Pengalihan arus lalu lintas juga akan dilakukan di sejumlah titik. Di antaranya, lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
 
Kedua, arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Barat menuju bundaran air mancur Bank Indonesia diarahkan putar balik di depan Museum Gajah. Selain itu, arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol menuju Bundaran HI dialihkan belok kiri ke Jalan Pamekasan.
 
Sementara arus lalu lintas dari Jalan Wahid Hasyim sisi barat menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Wahid Hasyim Timur diberlakukan penutupan jalan secara situasional begitu juga arah sebaliknya. (Medcom/OL-1)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Periksa Rekan Kerja dan Kawan Yodi Prabowo

👤Jufriansyah 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:59 WIB
"Tadi autopsi sudah selesai hasil nanti dikirim, nanti kita lihat perkembangannya," kata...
MI/ Andri Widiyanto

Netizen Bela Kualitas Bus Listrik Transjakarta dari Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:33 WIB
"Sayang sekali ada yang menyudutkan TJ soal bus dari China. Bos, produksi Bus Listrik di Dunia itu 99% saat ini memang datangnya dari...
Antara

Pelayanan Publik di DKI Diminta Tetap Prima Saat Pandemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:07 WIB
Pelayanan yang diberikan kepada warga adalah pelayanan terintegrasi, terkoordinasi, cepat, dan tanpa ada pungutan-pungutan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya