Minggu 30 Juni 2019, 13:30 WIB

Revitalisasi Terminal Rajabasa, Menhub Anggarkan Rp40 M

Eva Pardiana | Nusantara
Revitalisasi Terminal Rajabasa, Menhub Anggarkan Rp40 M

MI/Eva Pardiana
Menhub tinjau Terminal Rajabasa Lampung

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen mengembangkan potensi transportasi untuk mengoptimalkan konektivitas Lampung. Salah satunya revitalisasi Terminal Rajabasa.

Hal ini mengacu pada penilaian Lampung sebagai provinsi strategis yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra.

"Rajabasa ini salah satu terminal yang sudah diserahkan kepada pemerintah pusat, akan menjadi suatu simpul. Kalau kita bicara mengenai terminal dan berkaitan dengan transportasi, tidak bisa terpisahkan bagaimana terminalnya harus bagus. Kita merencanakan untuk merenovasi supaya terminal Rajabasa ini sama bagusnya dengan bandara," ujar Menhub saat meninjau terminal Rajabasa didampingi Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Minggu (30/6) .

Menhub sebagai pengelola terminal penumpang tipe A akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp40 miliar untuk revitalisasi terminal Rajabasa. Terminal akan dilengkapi mal pelayanan publik untuk mengurus berbagai perizinan agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati fasilitas terminal. Revitalisasi ini ditarget rampung November 2020 mendatang.

"Saya sudah sampaikan Pak Gubernur, operator bus harus dikumpulkan, jadi kita gak bisa pakai bus yang jelek, bus harus bagus agar masyarakat merasa aman dan nyaman. Kita juga akan bikin layanan online, agar masyarakat bisa mengakses layanan dengan baik," tambah Menhub.

Baca juga: Terminal Rajabasa Bandarlampung Dipadati Pemudik

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setyadi menambahkan revitalisasi sudah direncanakan pada 2018, namun ada beberapa perubahan, salah satunya pembangunan mal pelayanan publik sesuai masukan dari Gubernur Arinal.

"Lantai 2 Pak Gubernur minta jadi mal pelayanan publik dan sebagian besar saya buat jadi kafe, karena dekat Kampus Universitas Lampung juga, penjual juga akan kami perbaiki, nanti tenantnya tidak hanya UMKM lokal tapi akan banyak juga yang nasional," ungkapnya.

Selain meninjau Terminal Rajabasa, dalam lawatannya ke Lampung, Menhub juga meninjau Statsiun Kereta Api Tanjung Karang, Perlintasan Sebidang Jl. Sultan Agung, diakhiri rapat bersama Gubernur di Rumah Dinas Mahan Agung. Kunjungan Menhub kali ini merupakan kelanjutan pertemuan dengan Gubernur di Jakarta pekan lalu.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More