Sabtu 29 Juni 2019, 21:35 WIB

Awal Kemarau Diperkirakan Pada April 2019

Caksono / Arnoldus Dhae | Infografis
Awal Kemarau Diperkirakan Pada April 2019

caksono
infografis

Menurut perkiraan ada potensi terjadinya El Nino kategori lemah sampai dengan Juli 2019, sehingga musim kemarau diperkirakan akan normal. Awal musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia jatuh pada bulan April 2019 dan puncaknya diprediksi akan terjadi pada bulan Agustus-September.
Melihat dari gejala prakiraan musim oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), yang harus diantisipasi untuk beberapa bulan kedepan adalah bencana kekeringan.

Dalam upaya antisipasi bencana kekeringan, kebakaran hutan dan lahan BNPB melakukan kegiatan di antaranya melakukan pemantauan dan peninjauan lapangan bersama dinas-dinas terkait untuk mengantisipasi dan menangani terjadinya kekeringan serta potensi kebakaran hutan dan lahan. Pemantauan melalui sistem peringatan dini terkait karhutla dan kekeringan yang telah ada seperti : Sipalaga (http://sipalaga.brg.co.id/), Hotspot LAPAN (http://modis-catalog.lapan.go.id/monitoringhotspot/index), Sistem peringatan Kebakaran Hutan (http://www.bmkg.go.id/cuaca/kebakaran-hutan.bmkg) dan Pemantauan hari tanpa hujan (http://cews.bmkg.go.id/Peta/Hari_Tanpa_Hujan.bmkg) . Juga melakukan koordinasi kesiapan mekanisme tanggap darurat/ penanggulangan bencana dengan stakeholder daerah dan melakukan upaya penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan. Memasang rambu dan papan informasi terkait larangan pembakaran hutan dan hukumannya, serta menyusun rencana operasi atau SOP yang melibatkan seluruh stakeholder setempat termasuk TNI dan POLRI. (Arnoldus Dhae/OL)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More