Snapdragon 855 Raih Sertifikasi Keamanan Smart Card

Penulis: Riz/M-2 Pada: Jumat, 28 Jun 2019, 22:00 WIB Teknologi
Snapdragon 855 Raih Sertifikasi Keamanan Smart Card

DOK QUALCOMM
Snapdragon 855

SNAPDRAGON 855, mobile platform buatan Qualcomm Technologies, telah mendapat sertifikasi keamanan Common Criteria EAL-4+, sebuah standar emas untuk pengujian keamanan perangkat keras bagi kartu pintar (smart card). Sertifikasi yang diakui secara internasional tersebut membuat Snapdragon 855 menjadi mobile system-on-chip pertama yang mendapatkan pengakuan keamanan setara dengan kartu pintar yang biasa terdapat di kartu ATM maupun kartu kredit.

Qualcomm secure processing unit (SPU) yang terintegrasi membuat para OEM yang merupakan konsumen dari Qualcomm Technologies dapat menghemat biaya untuk manufaktur komponen tanpa mengorbankan keamanan. Di saat sama, ia tetap menawarkan peningkatan performa dan tenaga yang hadir melalui integrasi dengan proses fabrikasi teranyar.

Contoh dari penggunaan Qualcomm SPU antara lain terdapat pada Android Strongbox Keymaster dan Gatekeeper. Contoh lain penggunaan SPU antara lain didemonstrasikan di ajang MWC Shanghai minggu ini seperti kolaborasi Qualcomm Technologies dan Gemalto, perusahaan dari Thales, pada SIM (iSIM) terintegerasi. Di masa depan, kemampuan seperti pembayaran offline, fungsi trusted platform module (TPM), transit, ID elektronik, dan dompet crypto sangat mungkin diwujudkan tanpa tambahan cip keamanan.

"Mendapatkan sertifikasi keamanan EAL-4+ merupakan sebuah pencapaian dalam perjalanan kami memberikan keamanan selevel dengan kartu pintar bagi konsumen dan pengguna Snapdragon. Penggunaan yang sebelumnya memerlukan cip keamanan terpisah kini dapat sepenuhnya terintegrasi dalam perangkat yang ditenagai Snapdragon 855," ungkap Senior Director Product Management Qualcomm Technologies, Jesse Seed, dalam keterangan resmi yang diterima Media Indonesia, Selasa (25/6).

Sertifikasi dari Qualcomm SPU telah disetujui oleh BSI (Bundesamt fuer Sicherheit in der Informationstechnik) yaitu Lembaga Federal untuk Keamanan Informatika Jerman. Program sertifikasi dari BSI tersebut dikenal sangat ketat sehingga hasilnya diakui secara global.

Snapdragon 855 dengan Qualcomm SPU kini dalam tahap produksi. Produk tersebut menawarkan peningkatan karakter daya dan performa, selain fitur keamanan terdepan dalam industri. Mobile platform tersebut telah diluncurkan di berbagai perangkat flagship dunia dan merupakan platform komersial pertama yang mampu mendukung 5G multi-gigabita, on-device AI, dan XR imersif secara bersamaan yang mana telah membuka dekade baru dalam revolusi perangkat mobile. (Riz/M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More