Jumat 28 Juni 2019, 14:01 WIB

Mahfud MD: Keputusan MK Tidak Bisa Digugat

Ardi Teristi Hardi | Politik dan Hukum
Mahfud MD: Keputusan MK Tidak Bisa Digugat

Antara
Pakar Hukum Tata Negara Mahfud MD

 

MAHKAMAH Konstitusi telah menolak gugatan sengketa Pilpres 2019 oleh pasangan calon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (27/6) malam. Pakar Hukum Tata Negara, Mahfud MD mengatakan putusan itu sudah final dan mengikat.

"Keputusan MK final dan binding sesuai pasal 24C UUD 45. Putusan MK sudah tertinggi tidak ada jalur internasional," kata Mahfud ditemui di Komplek Kepatihan, Jumat (28/6).

Menurut dia, pengadilan internasional tidak mengurusi hal-hal tentang sengketa Pemilu.

"Ada yang bilang mau datang ke pengadilan internasional. Tidak ada pengadilan internasional untuk Pemilu. Itu tidak ada," tegas Mahfud.

Ia mengatakan, pengadilan internasional hanya untuk mengadili perang dan pemusnahan etnis (genosida). Terkait persidangan sengketa Pilpres yang berlangsung di MK, menurutnya hakim-hakim MK cukup berani dan tidak terpenharuh dengan isu-isu liar di media sosial. Menurutnya putusan MK memang itu yang menjadi fakta hukum.

baca juga: Hamilton tidak Peduli Soal Rekor Senna-Prost

"Kalau kita amati sejak dulu masyarakat lebih banyak percaya hasil pemilu. Ada yang tidak percaya sudah diberi kesempatan untuk menggugat," kata dia.

Dari sudut kecurigaan, lanjut dia, semua pihak bisa bisa saling curiga. Namun, semua kecurigaan tersebut sudah disampaikan di persidangan hingga adu dalil. Mahfud juga mengatakan, persidangan sengketa Pilpres di MK telah membuktikan, semua permohonan penggugat dari sudut pembuktian sangat lemah. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Susanto

DPR tidak Boleh Paksakan Membuka Masa Sidang

👤Pro/I-1 🕔Minggu 29 Maret 2020, 07:05 WIB
Fungsi DPR harus terus berjalan meski dalam kondisi darurat pandemi...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Tanggap Darurat DKI Sampai 19 April 2020

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:40 WIB
Fraksi NasDem di DPRD DKI berharap Gubernur Anies sejalan dengan pemerintah pusat yang mencanangkan tanggap darurat hingga 29...
Dok Antara

170 Ribu APD Didistribusikan

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 29 Maret 2020, 06:35 WIB
Selain mengimpor alat pelindung diri dan ventilator, pemerintah juga mendorong industri dalam negeri untuk memproduksi kedua alat kesehatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya