Jumat 28 Juni 2019, 10:40 WIB

Jakarta Masuk Jajaran Tiga Kota Terbaik Dunia dalam STA 2020

Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan
Jakarta Masuk Jajaran Tiga Kota Terbaik Dunia dalam STA 2020

MI/PIUS ERLANGGA
Aktivitas bus Trans-Jakarta di central halte Harmoni, Jakarta

 

JAKARTA berhasil masuk dalam jajaran tiga kota terbaik di dunia dalam hal perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota pada ajang Sustainable Transport Award (STA) 2020.

Bersama dengan dua kota lain yaitu Pune (India) dan Kigali (Rwanda), Jakarta bersaing memperebutkan gelar juara.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam unggahan di media sosial Instagram resminya membeberkan informasi tersebut.

"Tiga kota terbaik dunia! Ya, alhamdulillah, Jakarta diakui sebagai satu dari tiga kota terbaik dunia untuk perbaikan sistem transportasi dan mobilitas kota, " tulis Anies di laman media sosial Instagram pribadinya, @aniesbaswedan, Kamis (27/6).

Anies menyebutkan, Sustainable Transport Award (STA) adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Baca juga: MRT Bangun Jembatan Penghubung Poin Square ke Stasiun Lebak Bulus

Dalam STA, visi, konsep, dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai komite yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI) dan lainnya.

Dikatakannya, keberhasilan Jakarta pada ajang kali ini merupakan keberhasilan atas konsep dan eksekusi integrasi antarmoda transportasi publik hingga meningkatnya jumlah penumpang transportasi publik.

"Jakarta sukses meraih posisi tiga besar dalam Sustainable Transport Award atas konsep dan eksekusi integrasi antarmoda transportasi publik, peningkatan akses pejalan kaki menuju stasiun dan halte, serta keberhasilan meningkatkan jumlah penumpang Trans-Jakarta sebanyak dua kali lipat dalam waktu dua tahun," jelasnya.

Anies juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya bagi jajaran Pemerintahan Provinsi (Pemprov) dan juga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang telah bekerja keras .

"Apresiasi tinggi kita sampaikan kepada jajaran Pemprov dan BUMD yang telah bekerja keras. Serta pihak lain yang aktif membantu secara konstruktif seperti ITDP Indonesia, serta teman-teman yang berbagi kisah kota di medsos dan lainnya," ungkapnya.

Disebutnya, Pencapaian ini merupakan sebuah pengakuan dunia bahwa Jakarta sedang berada di jalur yang benar dan bisa berubah mengatasi tantangan kronis Ibukota.

"Yes, we are on the right track, InsyaAllah!," pungkasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More