Menang Tipis Atas Guinea, Nigeria Lolos ke Putaran Kedua

Penulis: Basuki Eka Purnama Pada: Kamis, 27 Jun 2019, 06:48 WIB Sepak Bola
Menang Tipis Atas Guinea, Nigeria Lolos ke Putaran Kedua

AFP/Giuseppe CACACE
Pemain belakang Nigeria Kenneth Omeuro merayakan golnya ke gawang Guinea

NIGERIA menjadi negara pertama yang lolos ke putaran kedua Piala Afrika setelah menang 1-0 atas Guinea lewat gol Kenneth Omeuro di Alexandria, Rabu (26/6).

Pemain belakang itu menyambar sepak pojok leat sundulan untuk mencetak gol tunggal Nigeria pada menit 73 dan memastikan Elang Super membukukan kemenangan kedua di Grup B. Di laga pertama, Nigeria menang 1-0 atas Burundi.

Nigeria telah mengantongi enam poin sementara Madagaskar dan Guinea masing-masing mencetak satu poin. Adapun Burundi masih belum meraih poin. Burundi dan Madagaskar akan saling berhadapan pada Kamis (27/6).

Meski belum dipastikan menjadi juara grup, Nigeria telah memastikan posisi dua besar dan melaju ke putaran berikutnya.

Baca juga: Mane Lebih Pilih Gelar Piala Afrika Ketimbang Liga Champions

Bintang Guinea Naby Keita tampil untuk pertama kali setelah absen di laga pertama karena mengalami cedera saat memperkuat Liverpool dalam laga semifinal Liga Champions melawan Barcelona pada bulan lalu.

Keita mendapat perlakukan keras dari para pemain Nigeria dan digantikan di pertengahan babak kedua sebelum Nigeria berhasil mencetak gol.

Di kubu Nigerua, Samuel Kalu, yang pingsan saat sesi latihan pada Jumat (21/6) karena dehidrasi, masuk sebagai pemain pengganti menggantikan Moses Simon di masa injury time.

Meski kedua negara secara total telah tampil 30 kali di Piala Afrika, laga ini merupakan pertemuan kedua mereka setelah di laga pertama bermain imbang 1-1 di Ethiopia, 43 tahun lalu. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More