Kamis 27 Juni 2019, 06:33 WIB

Jelang Putusan MK, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Jelang Putusan MK, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

ANTARA/M Risyal Hidayat
Polisi lalu lintas berjaga di ujung Jalan Medan Merdeka Barat yang ditutup di Jakarta, Jumat (14/6)

 

DIREKTORAT Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menutup dan mengalihkan arus lalu lintas di sekitar gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat saat putusan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres, hari ini, Kamis (27/6). Penutupan arus lalu lintas itu merupakan salah satu wujud pengamanan dari kepolisian.

"Rekayasa lalu lintas besok sejak pagi-pagi sudah diterapkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (26/6).

Argo mengatakan, rekayasa lalu lintas itu bersifat situasional. Maka, jadwal pasti penerapan dan penormalan kembali arus lalu lintas disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Terpisah, Kabag Administrasi dan Operasional Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Jamal Alam menyebut tidak ada perubahan rekayasa lalu lintas saat sidang hingga putusan. Jamal juga menyebut penerapan bersifat situasional.

"Rekayasa lalu lintas tetap seperti biasa karena lokasinya sama. Untuk jam penerapannya tetap fleksibel sesuai kebutuhan," ujar Jamal.

Baca juga: TKN: Penolakkan MA Buktikan Tuduhan 02 Tidak Berdasar

Berikut rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan Ditlantas Polda Metro Jaya;

Pertama, arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih.

Kedua, arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

Ketiga, arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin.

Keempat, arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan IR H Juanda.

Kelima, arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.

Keenam, arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah Harmoni.

Ketujuh, arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan Jalan Perwira.

Kedelapan, arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More