Kamis 27 Juni 2019, 06:50 WIB

Air Tawar di Bawah Samudra Atlantik

Media Indonesia | Humaniora
Air Tawar di Bawah Samudra Atlantik

MI/Seno
Ilustrasi MI

 

SEBUAH akuifer air tawar raksasa ditemukan baru-baru ini di bawah Samudra Atlantik, tak jauh dari pantai timur Amerika Serikat. Meski ukuran persis akuifer itu masih misteri, sangat mungkin cakupannya dari wilayah Massachusetts ke selatan New Jersey, atau sekitar 350 kilometer.

Akuifer itu mengandung sekitar 670 mil kubik air yang sedikit asin. Dugaan para peneliti, sebagian besar air itu berasal dari zaman es terakhir.

Petunjuk pertama adanya akuifer di bawah laut mengemuka pada 1970-an ketika aktivitas pengeboran oleh perusahaan minyak di tepi pantai kerap mengenai air tawar. Namun, saat itu belum jelas apakah endapan air tawar tersebut merupakan kantong yang terisolasi atau mencakup bentangan yang lebih besar.

"Kami tahu ada air tawar di bawah sana, terutama di lokasi terpencil. Namun, kami belum mengetahui geometri atau luasnya," kata Kerry Key, ahli geofisika Universitas Columbia, New York, AS, yang membantu perusahaan minyak menentukan titik sumber minyak bumi. (Livescience/Tes/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More