Kamis 27 Juni 2019, 06:30 WIB

Diplomasi si Kulit Bundar dari Majalengka

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Diplomasi si Kulit Bundar dari Majalengka

MI/Ramdani
Presiden Argentina Mauricio Macri menyundul bola buatan Majalengka berstandar internasional yang diberikan Presiden Joko Widodo.

 

PRESIDEN Argentina Mauricio Macri dan Presiden Joko Widodo bertukar cendera mata seusai melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor, Jawa Barat, kemarin. Pertukaran itu bermakna pengeratan solidaritas dan persahabatan antara Indonesia dan Argentina.

Dengan bertempat di Ruang Teratai, awalnya Jokowi diberikan jersey atau kaus tim nasional Argentina berwarna putih biru oleh Macri. Nama punggung di kaus itu bertuliskan 'Jokowi' dengan nomor 10, nomor yang dikenakan Lionel Messi.

Jokowi tersenyum, sesekali dia menempelkan jersey itu ke badannya untuk melihat apakah cocok atau tidak. Jokowi juga memamerkannya ke para jurnalis yang meliput.

Tak mau kalah, Jokowi juga memberikan cendera mata kepada Macri berupa bola sepak buatan PT Triple S yang sudah mendapat lisensi dari FIFA dan diperbolehkan digunakan dalam pertandingan Piala Dunia dan UEFA.

Jokowi menjelaskan kepada Presiden Macri bahwa bola berwarna biru dan putih tersebut merupakan produk asal Majalengka, Jawa Barat, tempat produksi bola yang digunakan dalam Piala Dunia 1998 di Prancis.

Macri pun langsung memegang bola itu dan memantulkannya ke bawah sebanyak satu kali. Dia kemudian menyundul bola itu ke arah ajudannya.

Aksi Macri itu membuat seisi ruangan yang terdiri atas sejumlah menteri kedua negara tertawa dan bertepuk tangan.

Kunjungan Macri ke Indonesia merupakan yang pertama semasa dirinya menjadi presiden Argentina. Kedua kepala negara membahas sejumlah kerja sama.

Sejumlah menteri Kabinet Kerja ikut hadir dalam pertemuan bilateral dan konferensi pers bersama, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Seusai mengunjungi Jakarta, Presiden Argentina itu direncanakan bertolak ke Osaka, Jepang, untuk menghadiri pertemuan KTT G-20.

Namun, sebelumnya, seusai dari Bogor, Macri juga sempat mengunjungi objek wisata sejarah Museum Wayang di kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat.

Macri dan Ibu Negara Juliana Awada mendapat penjelasan tentang sejarah dan jenis-jenis wayang yang ada di museum. Selanjutnya, Macri dan rombongan menyambangi Cafe Batavia untuk beristirahat sejenak. (Akmal Fauzi/Ant/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More