Tambang Ombilin akan Jadi Milik Dunia

Penulis: mediaindonesia Pada: Kamis, 27 Jun 2019, 07:20 WIB Humaniora
 Tambang Ombilin akan Jadi Milik Dunia

THALATIE K YANI
MUSEUM TAMBANG OMBILIN: Melancong ke Sawahlunto seperti bertandang ke masa lalu, ketika tambang batu bara masih menjadi pusat kehidupan

TAMBANG batu bara Ombilin yang berada di Kota Sawah Lunto, Sumatra Barat, bakal jadi milik dunia setelah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO) memasukkannya sebagai daftar nominasi Warisan Dunia 2019.

"UNESCO akan menyeleksi 36 nominasi berstatus inskripsi untuk memilih Warisan Dunia tahun ini," tulis salah satu lembaga yang berlindung di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa itu saat dikutip dari lamannya, kemarin.

Sawah Lunto disebut sebagai kota penambangan batu bara tertua di Asia Tenggara. Kawasan ini sudah dieksploitasi batu baranya oleh pemerintah Hindia Belanda sejak akhir abad ke-19.

Dari itu, UNESCO menganggap segala macam peninggalan kolonial Belanda di Ombilin telah memainkan peran penting dalam pembangunan sosial-ekonomi di Sumatra Tengah dan seluruh dunia.

Ombilin Sawah Lunto bertengger bersama sejumlah nominasi warisan dunia lain, seperti Situs Metalurgi Besi Kuno di Burkina Faso (Afrika Barat), lanskap Budj Bim (Australia), Kawasan Arkeologi Kota Liangzhu (Tiongkok), hingga Sistem Pengarian Augsburg (Jerman), Gereja Bom Jesus do Monte Braga (Portugal), hingga monumen The Great Pskov (Rusia).

Saat ini terdapat 1.092 situs warisan cagar budaya di 167 negara yang diidentifikasi UNESCO. Komite bentukan UNESCO tengah bermusyawarah di Baku, Azerbaijan, untuk menetapkan situs cagar budaya mana yang bakal dinobatkan sebagai Warisan Dunia 2019.

Menurut Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nadjamuddin Ramly, UNESCO akan menetapkan warisan budaya yang terpilih dalam Rapat Paripurna Warisan Budaya Dunia Unesco PBB pada 4-5 Juli 2019.

"UNESCO sebulan yang lalu telah memberi informasi bahwa Ombilin menjadi Warisan Budaya Dunia milik RI dalam status inskripsi," ungkap Nadjamuddin saat dihubungi Media Indonesia, kemarin.

Untuk warisan budaya dunia, terangnya, hanya Ombilin yang diusulkan dari Indonesia, sedangkan seni tradisi pencak silat diusulkan menjadi nominasi untuk Warisan Budaya Takbenda Dunia yang akan digelar di Bogota, Kolombia, pada Desember 2019 mendatang. (*/Ind/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More