Rabu 26 Juni 2019, 21:58 WIB

Mahfud MD Minta Semua Pihak Terima Putusan MK

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Mahfud MD Minta Semua Pihak Terima Putusan MK

MI/Ardi Teristi Hardi
Mantan ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD

 

MANTAN Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menyebut, MK merupakan jalur konstitusional terakhir bagi peserta pemilihan umum.

Karena itu, ia meinta semua pihak untuk menerima apapun putusan Mahkamah Konstitusi dalam idang permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), kamis (27/6) nanti.

"Puncak penyelesaian dari semua persoalan politik dan konstitusi itu kan utusan Mahkamah Konstitusi. Jadi kalau MK besok sudah memutuskan apakah yang menang Prabowo atau Jokowi, itu semua pihak harus menerima, tidak ada jalan lain," kata Mahfud, ketika dihubungi Rabu (26/6).

Mahfud mengatakan sah-sah saja jika ada pihak yang menolak putusan MK. Namun, menurutnya, penolakan tersebut ditunjukkan dengan cara yang etis dan jalur politik menjadi oposisi.

Jika ada penolakan dengan cara-cara kekerasan, maka ia menegaskan hal tersebut tidak bisa diterima.

Baca juga : KPU Yakin Pascaputusan MK Semua Pihak akan Tetap Damai

"Kalau menolak dengan sikap, silakan, lalu beroposisi itu boleh, itu ada jalannya sendiri. Kalau menolak sebagai putusan hakim itu, lalu melakukan tindak kekerasan, ya itu bisa dianggap pemberontakan," tambah Mahfud.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan pihaknya optimistis pihak yang menggugat dapat menyikapi putusan MK dengan baik dan lapang dada.

Hal tersebut terlihat dari Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang memilih menonton putusan MK dari kediaman Prabowo.

"Saya optimis, gejalanya sudah terlihat, mereka sudah semakin siap menerima kenyataan, bahkan Prabowo sendiri sudah mengumumkan nonton sidang MK dari rumah bersama Sandiaga," kata Mahfud.

Maka dari itu, ia meminta kepada seluruh lapisan masyarakat dan pendukung untuk kembali merajut persaudaraan. Ia menilai kontestasi telah usai dan semua pihak mampu saling mendukung satu sama lain.

"Rakyatnya juga dibawah juga udah selesai. Kalau mau aspirasi politik, silakan jalan lagi untuk mengontrol, kemudian bersaing untuk lima tahun yang akan datang," kata Mahfud. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More