Rabu 26 Juni 2019, 21:15 WIB

Indonesia-Argentina Perluas Kerja Sama Bidang Pendidikan

Syarief Oebaidillah | Internasional
Indonesia-Argentina Perluas Kerja Sama Bidang Pendidikan

Ist
Nota kesepahaman oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Didik Suhardi, dan Duta Besar Argentina untuk Indonesia

 

PEMERINTAH Indonesia dan Argentina memperluas kerja sama bidang pendidikan yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Didik Suhardi, dan Duta Besar Argentina untuk Indonesia, Ricardo Luis Bocalandro, mewakili Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Sains dan Teknologi Republik Argentina, di Jakarta, Rabu (26/6).

Perluasan kerja sama tersebut meliputi layanan pertukaran guru, pelatihan pendidikan vokasional, layanan pendidikan kebahasaan, pembinaan kurikulum, dan kerja sama antarsekolah melalui UNESCO dan Group of 20 (G-20).

"Poin kerja sama yang kita tandatangani hari ini seperti olah raga, pelatihan guru, dan pertukaran guru, harapannya dapat segera ditindaklanjuti," kata Didik seusai penandatanganan MoU itu, Rabu.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri Kemendikbud, Suharti, yang turut mendampingi, menambahkan, bentuk kerja sama lainnya meliputi program Bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA), dan program Darmasiswa.

"Semua sudah masuk di dalam MoU tersebut, seperti Darmasiswa sudah berjalan dan memiliki peserta sekitar 45 orang dari Argentina," ujar Suharti.


Baca juga: AS-Swiss Bantu Persediaan Air Bersih Masyarakat Kota di Indonesia


Bahasa Indonesia bagi BIPA, kata Suharti, merupakan bentuk kerja sama pendidikan di mana Indonesia menyiapkan guru-guru Bahasa Indonesia untuk mengajarkan Bahasa Indonesia bagi penutur asing di universitas yang berada di Argentina, sekaligus memperkenalkan kebudayaan Indonesia.

Selanjutnya, program Darmasiswa turut menjadi bagian dari peningkatan layanan kerja sama antarkedua negara. Beasiswa Darmasiswa merupakan program beasiswa non gelar yang diberikan kepada mahasiswa asing dari negara-negara mitra atau sahabat.

Beasiswa ini memberikan pelatihan dan pengajaran selama setahun untuk bahasa dan seni budaya Indonesia pada perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia.

Berdasarkan data Biro PKLN sejak 1974 hingga 2019 sekitar 45 siswa asing dari Argentina telah berpartisipasi program beasiswa tersebut. Kemudian juga jumlah peserta Darmasiswa dari Argentina terdapat peningkatan dalam beberapa tahun terakhir ini, yaitu dua siswa di 2015, dua siswa di 2016, dan empat siswa di 2017.

"Kami sangat berharap para siswa asing dari Republik Argentina terus berpartisipasi, mengikuti beasiswa ini sehingga persahabatan kedua negara terjalin lebih baik di masa mendatang," pungkas Suharti. (RO/OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More