Rabu 26 Juni 2019, 16:30 WIB

Bandar Besar Narkoba Disatukan di Lapas Nusakambangan

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
Bandar Besar Narkoba Disatukan di Lapas Nusakambangan

MI/Susanto
Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Heru Winarko

 

KEPALA Badan Narkotika Nasional (BNN) Heru Winarko mengatakan pihaknya telah merealisasikan pemindahan para narapidana kasus narkoba ke Lapas Nusakambangan.

"Jadi kami kerja sama dengan Dirjen lapas. Ada beberapa yang sudah dipindahkan ke Nusakambangan," kata Heru di The Opus Grand Ballroom The Trinrata, Jakarta Selatan, Rabu (26/6)

Namun demikian, nantinya setiap ada yang tertangkap maka pengguna ini akan melakukan asesmen. Pihaknya juga telah mengajukan sistem Tim Assesment Terpadu (TAT) untuk napi narkoba. TAT diberlakukan agar seluruh napi terklasifikasi dengan baik.

"Ini yang sudah kita lakukan pelatihan sehingga di asesmen ini ada asesmen hukum dan medis. Di hukum mereka digali ada terlibat jaringan atau tidak. Kedua, medis sampai sejauh mana ketergantungannya. Ini yang akan jadi penilaian," sebutnya.

Baca juga: BNN Luncurkan Toko Daring Produk Kerajinan Mantan Pecandu Narkoba

Heru menambahkan realisasi pemindahan napi kasus narkoba telah dilakukan menyusul kerusuhan lapas akibat ulah bandar narkoba.

"Maka ada dampaknya, seperti di Aceh ada kerusuhan, salah satu dampaknya tokoh bandar-bandar yang ada di lapas itu dipindahkan ke Nusakambangan," jelasnya.

Heru memastikan kapasitas lapas Nusakambangan akan mampu menampung para bandar narkoba yang ada di setiap wilayah. Bahkan, dia yakin keamanan dan kapasitas Nusakambangan memadai untuk para napi tersebut.

"Kalau di dalam ada bandar besar seperti yang dibilang wapres, kita bisa mengembalikannya, bahkan tahun lalu kita bisa mengungkap di dalam lapas ada wifi di sana," pungkasnya

Diketahui, saat ini lapas Nusakambangan menampung 120 ribu napi narkoba. Bahkan 40-60% di antaranya adalah mereka yang terlibat penyalahgunaan narkoba.(OL-5)

Baca Juga

MI/ Andri Widiyanto

Netizen Bela Kualitas Bus Listrik Transjakarta dari Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 10 Juli 2020, 22:33 WIB
"Sayang sekali ada yang menyudutkan TJ soal bus dari China. Bos, produksi Bus Listrik di Dunia itu 99% saat ini memang datangnya dari...
Antara

Pelayanan Publik di DKI Diminta Tetap Prima Saat Pandemi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 10 Juli 2020, 21:07 WIB
Pelayanan yang diberikan kepada warga adalah pelayanan terintegrasi, terkoordinasi, cepat, dan tanpa ada pungutan-pungutan...
Ilustrasi

13 Kepala SMA di Depok Digeser

👤Kisar Rajaguguk 🕔Jumat 10 Juli 2020, 20:49 WIB
Kepala Sekolah SMA yang dirotasi itu antara lain Usep (SMA 1), Neng (SMA 2), Nurlely (SMA 3), Dede Agus (SMA 4), Zarni (SMA 5), Fatah (SMA...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya