Rabu 26 Juni 2019, 05:20 WIB

Tokoh Kudeta Ethiopia Tewas Ditembak

(AFP/Yan/X-11) | Internasional
 Tokoh Kudeta Ethiopia Tewas Ditembak

(Photo by HO / Ethiopian TV / AFP)
Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed berbicara kepada publik di televisi pada 23 Juni 2019 setelah kudeta yang gagal

 

POLISI Ethiopia kemarin menembak mati seorang kepala keamanan yang diduga terlibat upaya kudeta pekan lalu terhadap pemerintah daerah Amhara.

Menurut Kantor Perdana Menteri Abiy Ahmed, kepala keamanan Amhara, yaitu Asaminew Tsige, merupakan tersangka utama pada upaya kudeta yang menewaskan kepala pemerintahan Amhara, penasihat utamanya dan jaksa agung. Panglima militer Ethiopia Seare Mekonnen juga kemudian dibunuh oleh pengawalnya di Addis Ababa.

"Asaminew Tsige, yang bersembunyi sejak kudeta itu gagal, kini sudah tewas ditembak di ibu kota Amhara, Bahir Dar," ungkap jaringan televisi EBC.

Asaminew baru dibebaskan tahun lalu setelah mendekam hampir satu dekade di penjara karena terlibat upaya kudeta pada 2009. Dia mendapat amnesti di masa mantan PM Hailemariam Desalegn yang kemudian diteruskan oleh penerusnya, yaitu Abiy yang berhaluan reformis.

Para analis menggambarkan Asaminew sebagai tokoh nasionalis Amhara garis keras yang sudah terancam dipecat karena terus berupaya membentuk milisi demi mencaplok wilayah Tigray di dekat Amhara. Dia misalnya belum lama ini muncul di tayangan video Facebook dan meminta warga mempersenjatai diri demi persiapan penyerangan ke Tigray.

Amhara ialah satu dari sembilan daerah otonom di Ethiopia. Warganya merupakan kelompok etnik terbesar kedua di negara itu setelah etnik Oromo. Kedua komunitas etnis itu sudah dua tahun berunjuk rasa menentang pemerintahan pusat yang menyebabkan mundurnya Hailemariam.

Menurut para pengamat, upaya kudeta Asaminew, meskipun tidak berhasil, telah menjadi pukulan telak bagi pemerintahan Abiy yang sedang menjalankan program-program reformasi demi mengakhiri pertentangan etnik dan politis di Ethiopia.

Uni Eropa kini telah mengeluarkan pernyataan agar semua pihak di Ethiopia menahan diri. Sementara itu, hingga kini akses internet masih tetap diputus di seluruh wilayah negara tersebut. (AFP/Yan/X-11)

Baca Juga

Victoria Jones / POOL / AFP

Cegah Covid-19, Perawat di Inggris Kampanye Berbahasa Indonesia

👤Antara 🕔Senin 01 Juni 2020, 05:26 WIB
Pensosbud KBRI London Okky Diane Palma mengatakan KBRI London bangga ada perawat dari Indonesia yang ikut mengampanyekan bahaya covid-19...
FP/JAIME REINA

Spanyol Berencana Perpanjang Karantina Hingga 21 Juni

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 23:05 WIB
Langkah itu akan jadi karantina wilayah terakhir yang diberlakukan di Spanyol mengingat jumlah pasien positif telah turun...
Antara

Parlemen Thailand Setujui Dana Rp849,96 T untuk Dampak Pandemi

👤Antara 🕔Minggu 31 Mei 2020, 22:11 WIB
Parlemen Thailand menyetujui tiga rancangan undang-undang tentang paket bantuan ekonomi senilai 1,9 triliun baht (sekitar Rp849,96...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya