King of Clay Bidik Gelar Ketiga

Penulis: Despian Nurhidayat Pada: Rabu, 26 Jun 2019, 03:00 WIB Olahraga
King of Clay Bidik Gelar Ketiga

AFP
Rafael Nadal

DUA pekan lalu, Rafael Nadal  kembali merajai turnamen grand slam tanah liat Prancis Terbuka 2019. Di babak final, petenis berusia 33 tahun itu mengalahkan Dominic Thiem dari Austria dengan skor 6–3, 5–7, 6–1, dan 6–1.

Dengan kemenangan tersebut, Nadal memang sangat layak disebut sebagai King of Clay. Petenis yang disapa ‘Rafa’ itu telah mengoleksi 12 gelar juara Prancis Terbuka. Dia pun menjadi satu-satunya petenis di dunia yang mampu meraih 12 gelar dari turnamen yang digelar di Stade Roland Garros, Paris, Prancis.

Para legenda tenis yang masih hidup pun memuji kehebatan aksi Rafa di lapangan tanah liat tidak terkalahkan. Bahkan untuk 100 tahun ke depan, diprediksi belum tentu ada petenis yang bisa menyamai rekor yang ditorehkan petenis asal ‘Negeri Matador’ tersebut.

Kendati mendapat julukan ‘Raja Tanah Liat’, bukan berarti petenis yang telah mengoleksi 82 gelar juara itu tidak mampu menunjukkan prestasi di lapang­an tipe nonlapangan tanah liat.

Petenis yang kini menempati rang-king dua dunia itu tetap bersinar turnamen grand slam lain selain Prancis Terbuka. Dari 18 gelar grand slam yang diraihnya, Rafa telah mengoleksi dua gelar turnamen grand slam lapangan rumput Wimbledon.          

Pada turnamen grand slam lapangan rumput, Rafa pernah merebut gelar juara Wimbledon 2008 dan Wimbledon 2010. Jelang Wimbledon 2019 yang babak utamanya mulai digelar pada Senin (1/7) mendatang, King of Clay pun siap membidik untuk merebut gelar grand slam Wimbledon yang ketiganya.  

Saat ditanya kesiapan menghadapi turnamen grand slam yang digelar di All England Lawn Tennis, London, Inggris, Nadal menyatakan siap. “Saya merasa diri saya siap untuk melakukannya,” ucap Nadal saat diwawancarai CNN Sport di Manacor, Mallorca, Spanyol, Senin (24/6) waktu setempat.

Untuk menghadapi Wimbledon 2019, Nadal mengatakan dirinya tidak mengikuti turnamen pemanasan. Ia beralasan ingin memulihkan fisiknya dan mempersiapkan diri.

“Dengan memberi saya kesempatan, saya akan lebih bugar untuk bisa bermain lebih bagus,” kata Nadal yang berlatih untuk menghadapi Wimbledon di kampung halamannya, Mallorca, Spanyol.

Ashleigh Barty menarik diri
Di sisi lain, juara Prancis Terbuka 2019 dan Birmingham Classic 2019, Ashleigh Barty dari Australia, menarik diri dari turnamen Eastbourne International yang digelar di Eastbourne, Inggris. Petenis nomor satu dunia itu mengatakan tangan kanannya mengalami cedera.  

“Ini cedera lama sejak saya berusia 16 tahun,” ucap Barty yang awal bulan ini meraih gelar grand slam perdananya.

Sementara itu, juara bertahan Eastbourne Internasional Caroline Wozniacki melangkah ke babak kedua. Pada babak pertama,  petenis Denmark yang menempati rangking 14 dunia itu mengalahkan Kirsten Flipkens dari Belgia dengan skor 6-3 dan 6-4.

Di laga lain, petenis nomor delapan dunia Elina Svitolina dari Ukraina belum melangkah ke babak kedua. Pada babak pertama, laga Svitolina melawan  Alize Cornet dari Prancis ditunda karena turun hujan. (AFP/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More