Studi: Zumba Dapat Membantu Mengurangi Nyeri Haid

Penulis: Bintang Krisanti Pada: Selasa, 25 Jun 2019, 20:30 WIB Weekend
Studi: Zumba Dapat Membantu Mengurangi Nyeri Haid

Shutterstock/ Syda Productions
Olahraga zumba.

TIDAK sedikit perempuan yang mengalami nyeri haid. Kondisi yang disebut juga sebagai dysmenorrhea ini bisa berwujud kram perut hingga ke bagian belakang pinggang dan paha. Bahkan ada pula yang disertai migrain.

Para peneliti telah lama mengungkapkan jika nyeri itu diakibatkan produksi prostaglandins yang menyebabkan aliran darah ke uterus mengecil sehingga menghambat oksigen mencapai jaringan rahim. Kondisi inilah yang memunculkan nyeri.

Dilansir Daily Mail, Selasa (25/6), sebuah penelitian dari Cairo University di Mesir yang dipimpin oleh Dr. Ahmed Samy dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, menemukan jika zumba merupakan jenis olaharaga yang baik untuk meringankan nyeri haid.

Penelitian itu dilakukan dengan analisis terhadap 98 perempuan berusia 18 - 25 tahun yang mengalami nyeri haid. Mereka kemudian dibagi dalam dua kelompok.

Salah satu kelompok, menjalani zumba seminggu sekali selama satu jam dalam dua bulan. Kelompok lainnya tidak menjalani olahraga. Hasilnya kelompok yang menjalani zumba merasakan kondisi lebih baik saat menstruasi. Nyeri yang dialami berkurang. Jika anda ingin mengurangi nyeri haid dengan cara alami maka zumba patur dicoba. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More